Home / Lifestyle / Tidak Perlu Takut Kuliah di Luar Negeri

Tidak Perlu Takut Kuliah di Luar Negeri

Sumber Foto : eightishad.wordpress.com

Muhammad Kurniawan

Pijar, Medan. Siapa bilang kuliah di luar negeri itu sulit? Apakah kamu salah satu diantara orang-orang yang berpikir demikian? Kuliah di luar negeri telah menjadi sebuah tren tersendiri bagi pelajar di Indonesia tidak terkecuali di kota Medan. Menjadi seorang mahasiswa di negeri orang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pelajar yang akan menempuh pendidikan abroad. Dewasa ini, studi lintas negara bukan hanya sekedar gengsi maupun angan-angan yang tidak akan kesampaian. Tapi saat ini ada banyak kemudahan dalam menempuh pendidikan di luar negeri.

Synergy International Training & Consultacy sebuah lembaga konsultasi pendidikan yang melaksanakan International Education Expo setiap tahunnya mengundang perguruan tinggi dari luar negeri untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka juga memberikan konsultasi langsung mengenai pendidikan ke luar negeri.

Kuliah di luar negeri pada saat ini tidaklah sesulit pada masa dahulu. Berlimpahnya informasi yang bisa didapatkan melalui berbagai media semakin mempermudah para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah lintas negara. Salah satu media informasi yang bisa kamu manfaatkan adalah melalui buku JKLN (Jurus Kuliah ke Luar Negeri) yang telah tersedia. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai strategi-strategi jitu untuk bisa mengenyam pendidikan di negeri orang dengan cara yang mudah. Dalam buku tersebut juga menyuguhkan pengalaman-pengalaman para mahasiswa yang kuliah abroad dari berbagai negara di dunia yang mungkin bisa meningkatkan motivasi kamu untuk mengejar hal tersebut.

“Jika kita rajin mencari informasi dari berbagai sumber mengenai kesempatan untuk kuliah di negara lain maka hal tersebut tidaklah sesulit yang kita bayangkan,” tutur Ulfi Syafri Bussiness Development Manager dari Synergy.

Setiap tahunnya jumlah mahasiswa atau pelajar di Indonesia yang kuliah di luar negeri mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut dituturkan oleh Ulfi saat menggelar Pameran Pendidikan Internasional di Swissbel Hotel Medan Minggu 5/3. “Setiap tahunnya yang saya perhatikan orang-orang yang datang ke pameran-pameran pendidikan internasional selalu mengalami peningkatan,” ujar Ulfi. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada minat yang tinggi untuk bisa menuju pendidikan lintas negara.

Yang menjadi halangan bagi pelajar yang akan melanjutkan studi ke luar negeri biasanya ketidaktahuan mereka untuk mencari informasi mengenai hal tersebut, atau mereka telah mendapatkan banyak informasi namun tidak tahu untuk memilih info apa yang sesuai dengan keinginan mereka. Maka dari itu, bagi pelajar yang ingin belajar ke luar negeri harus tahu bagaimana tips dan trik untuk bisa menuju kesana.

Tips simpel bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri dikutip dari BBC Indonesia yaitu, persiapkan hal-hal apa yang kamu perlukan. Lalu targetkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan diri berkuliah di luar negeri. Kemudian cari informasi yang kamu butuhkan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke negeri orang. Manfaatkan segala teknologi yang ada untuk mempermudah dirimu mencapai tujuan untuk malanjutkan kuliah di luar negeri. Dan terakhir, seringlah berdiskusi dengan orang-orang yang sudah mengenyam pendidikan lintas negara. Itulah beberapa tips mudah bagi kamu yang ingin mengenyam pendidikan di negeri orang.

Selain itu, banyak beasiswa disediakan oleh Pemerintah ataupun Swasta yang turut mempermudah untuk bisa menuju kesana. Sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya kuliah yang akan kamu bayar di setiap tahunnya. Beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia misalnya LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang merupakan salah satu beasiswa favorit yang dicari para calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Tapi bagi kamu yang tidak mendapatkan beasiswa tersebut, jangan cepat putus asa karena masih banyak beasiswa Swasta atau beasiswa dari negara tujuan kuliah kalian yang akan membantu perjalanan menuju pendidikan ke luar negeri.

Redaktur : Maya Andani

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Annisa Van Rizky

Hidup Minimalis Untuk Hidup Lebih Bahagia

Minimalis adalah gaya hidup dimana kita memiliki barang-barang yang sedikit tetapi barang-barang tersebut memiliki nilai di kehidupan kita. Penelitian yang dilakukan seorang Dosen di Bali tentang Gaya Hidup New Minimalism menjelaskan bahwa istilah minimalis yang muncul pada abad ke 19 dengan motto less is better telah memberikan perubahan akan gaya hidup, arsitektur, desain, dan musik yang awalnya terinspirasi oleh penanaman filsafat Zen Budha ke dalam gaya hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *