Hits: 21

Grace Kolin

 Pijar, Medan. Sabtu (01/04) Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol (IMIB) USU memboyong budaya tanah kelahiran mereka di Kota Medan dengan menggelar Pagelaran Budaya Minangkabau di Gedung Gelanggang Mahasiswa USU. IMIB USU mengangkat tema “Nagari Magasan, Rantau Mahoyak” ditahun pagelaran yang keempat. Acara dibuka pada pukul 20.00 WIB dengan tetabuhan gendang dari pintu masuk serta tari Pasambahan sebagai wujud ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu kehormatan.

“Negeri mangasan, negeri kita heboh, habis itu rantau tempat kita belajar saat ini. Heboh, mahoyak, bergoyang gitu, berguncang karena kita,” ungkap Hazel Rahmad Dio, Ketua Panitia Pagelaran Budaya Minangkabau IMIB USU seraya mengartikan tema pagelaran dalam bahasa Indonesia. Hazel mengutarakan tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan budaya Minang ke Sumatera Utara. Lewat acara ini pula Hazel berharap agar budaya Minang tetap lestari di tanah perantauan.

Selain tari Pasambahan, ada pula penampilan tari yang tak kalah rancak-nya seperti tari Rantak, tari Indang, tari Payuang, tari Bagurau, tari Randai Kreasi dan tari Piriang. Diantara tujuh tarian tersebut, tari Piriang menjadi tari penutup yang memukau penoton dengan atraksi pijak piring yang ekstrem. Tari ini merupakan salah satu kesenian budaya Minangkabau yang berasal dari daerah Solok, Sumatera Barat.

Sala Lauak, salah satu makanan khas Minang yang dipamerkan dalam Pagelaran Budaya Minangkabau IMIB USU (01/04). Fotografer : Grace Kolin
Sala Lauak, salah satu makanan khas Minang yang dipamerkan dalam Pagelaran Budaya Minangkabau IMIB USU (01/04).
Fotografer : Grace Kolin

Pengunjung pagelaran yang datang dapat melihat foto-foto pemandangan alam yang indah serta potret kehidupan masyarakat Minang yang ditempel dengan apik di dinding kaca. Mereka juga mencicipi aneka cemilan mungil khas Minangkabau yang ditata rapi di atas nampan sebelum pintu masuk seperti Bika, Sala Lauak, Bareh Randang, Lamang Tapai, Galamai, Dakak-dakak dan Arai Pinang.

“Acara pagelaran Minangkabau malam hari ini itu keren banget. Pokoknya dari tahun-tahun sebelumnya, hari ini banyak banget hal-hal yang baru, inovasi baru. Pokoknya keren deh,” ujar Juni Ertania Sari, mahasiswi Fakultas Farmasi setelah menyaksikan pagelaran ini.

Leave a comment