Jumat, 28 Juli 2017
Home / Olahraga / Tricking, Paduan Olahraga Ekstrem dan Estetik

Tricking, Paduan Olahraga Ekstrem dan Estetik

Sumber gambar : jakartahariini.com

Cici Alhamdaina

Pijar, Medan. Kini olahraga bukan lagi suatu hal yang membosankan. Seiring berkembangya waktu, berbagai olahraga unik dan seru bermunculan. Tricking sebagai salah satu olahraga unik menawarkan keseruan yang mampu memacu adrenalin bagi siapa yang melakukannya.

Olahraga yang belum banyak dikenal masyarakat luas ini, pertama kali muncul di Amerika pada tahun 1950-an oleh penari bernama Louils yang menyisipkan gerakan tricking pada setiap pertunjukannya. Tricking mulai dikenal sebagai olahraga pada 1990 ketika para Praktisi Taekwondo, Karate, dan Wushu berlatih bersama dengan mengedepankan nilai keindahan dari gerakan seni bela diri. Sekitar tahun 2000-an olahraga ini mulai digemari dan berkembang pada tahun 2003 yang ditandai banyaknya video aksi tricking di Youtube.

Di Indonesia sendiri, tricking mulai digemari kaum muda dengan munculnya banyak komunitas tricking. Komunitas pertama tricking yaitu Skywalkers di Jogja. Kemudian tersebar ke berbagai kota dan sering mengadakan trickers gathering se-Indonesia.

Karena perpaduan dari seni bela diri, senam, dan breakdance, gerakan pada olahraga tricking tak jauh-jauh dari aksi tendangan, salto, berputar dan gerakan-gerakan akrobat lainnya. Yang membedakan dari olahraga populer lainnya, tricking tidak terikat aturan khusus dalam melakukannya sehingga tricker/trickters (sebutan bagi praktisi tricking) bebas berkreasi melakukan gerakan.

Selain dapat meningkatkan kebugaran tubuh, tricking merupakan olahraga yang sangat menghibur atau biasa disebut entertaining sport karena yang ditampilkan adalah keindahan gerakan kombinasi yang memukau. Gerakan ekstrem serta sulit selalu menjadi sebuah tontonan menarik bagi kebanyakan orang.

Olahraga ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki background atlet atau dancer. Namun tidak menutup kemungkinan jika masyarakat biasa ikut serta mendalami olahraga ini. Selagi punya tubuh sehat dan mau mempelajari tekniknya, olahraga ini bisa menjadi list kegiatan menarik dalam berolahraga.

Nah bagi Sobat Pijar yang tertarik dengan olahraga kece ini, anda bisa mempelajari trik-triknya melalui video yang tersebar di Youtube. Tapi sangat disarankan berlatih dengan yang sudah ahli karena olahraga ini cukup ekstrem. Anda bisa gabung ke komunitas-komunitas tricking yang tersebar di seluruh Indonesia dengan cara mencari link-link media sosial mereka. Selamat mencoba.

 

Redaktur Tulisan : Maya Andani

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Pusat Pengkajian Komunikasi Massa (P2KM), Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Check Also

PhotoGrid_1489523809360

Menyaksikan Barcelona FC dan Film India Melawan Dunia

Keajaiban yang hampir sama dapat pula dilihat dalam film India. Tengoklah salah satu adegan perkelahian dalam film action Bollywood, Singham. Film ini bercerita tentang seorang polisi jujur, Bajiro Singham, melawan para penjahat korup.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *