Jumat, 28 Juli 2017
Home / Lifestyle / “Hand Spiner Fidget,” Permainan Bermanfaat Penghilang Rasa Bosan

“Hand Spiner Fidget,” Permainan Bermanfaat Penghilang Rasa Bosan

Sumber gambar : ebay.com

Annisa Rahmi

Pijar, Medan. Seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan zaman, kini permainan waktu kecil dulu yang sering kita mainkan telah mulai terlupakan. Ini terbukti dari kenyataan bahwa anak kecil zaman sekarang sudah mulai bermain dengan hal-hal yang berbau teknologi. Internet dan game online merupakan permainan teknologi canggih yang bisa dibilang hits  saat ini.

Namun, belakangan ini ada sebuah permainan yang tengah booming dan ngehits di kalangan kawula muda. Permainan yang memanjakan jemari ini bernama fidget spiner atau hand spiner. Cara bermainya mudah, yakni dengan memegang bagian tengah yang mirip seperti roda dengan dua jari yaitu telunjuk dan ibu jari. Lalu putar menggunakan jari tengah maka kita langsung bisa menikmati permainan ini. Terlepas dari nama dan bagaimana cara memainkannya, tidak ada yang menyangka kalau mainan yang satu ini ternyata memilki banyak manfaat sebagai berikut.

  • Membantu untuk menghilangkan kebiasaan fidgeting

Fidgeting adalah bergeraknya atau gemetar yang secara tidak sadar terjadi pada jari-jari akibat rasa gelisah, bosan, dan perasaan buruk lainnya. Fidget ini terjadi karena disebabkan oleh gen atau alam bawah sadar kita.

  • Melatih ketangkasan jari

Untuk kita yang memiliki jari-jari yang kaku atau merasa cepat lelah ketika saat menulis, maka dapat dipastikan jari-jari kita kurang melakukan pergerakan. Selain dengan menggerakan pena atau alat tulis kita bisa mencoba dengan permainan fidget spiner ini.

  • Melatih otak kanan dan otak kiri secara bersama-sama

Dengan bermain hand spiner atau fidget spiner ini dapat membuat otak kanan dan otak kiri kita bekerja secara bersama-sama, dengan melakukan gerakan secara terarah dan teratur yang dapat meningkatkan kemampuan belajar kita. Selain itu, dapat melatih konsentrasi dan meningkatkan memori serta tingkat kreativitas.

  • Dapat melancarkan peredaran darah

Dikutip dari Falony.com seorang profesor bernama Jaume Padilla dari MU Nutrisi dan latihan Departemen Fisiologi menyatakan kalau gerakan fidget spiner sebanyak 250 ketukan per menit ampuh untuk membantu memperlancar peredaran darah. Saat kita rutin melakukan permainan ini maka darah bisa lancar dan kita bisa hidup sehat.

  • Membantu mengurangi stres serta bisa membantu untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus

Keberadaan fidget spiner atau hand spiner dapat mengurangi stres dan membantu orang-orang berkebutuhan khusus, seperti autisme, ganguan kecemasan dan Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). Permaianan ini bisa membantu merangsang dan mengeluarkan kreativitas sehingga menjadi rileks yang berguna sebagai terapi. Hal ini dipaparkan oleh ahli Psikologi dari University Of Central Florida, Mark Rapport.

Fidget spiner belum diketahui dari mana asal dan siapa penciptanya. Permainan ini pastinya berasal dari luar negeri dan sudah nge-tren dimainkan para remaja di Benua Eropa. Permainan fidget spiner sudah masuk ke Indonesia awal tahun kemarin. Di Indonesia sendiri mainan ini sudah menjadi viral di kalangan para kawula muda. Banyak model dari mainan fidget spiner ini, yaitu berbentuk Batman hand spiner, dual wave spiner fidget, dan masih banyak model lainnya. Karena bentuknya yang  unik serta bisa berputar dalam jangka waktu lama, banyak kawula muda, kaum wanita dan anak-anak yang suka memainkannya.

Permainan ini dapat dibeli melalui toko-toko online dengan harga sekitar ratusan ribu rupiah, tergantung jenis dan model yang kita inginkan. Keberadaan mainan satu ini bisa membuat rasa bosan kita hilang dikala rutinitas yang padat. Terlebih lagi permainana ini memiliki banyak manfaat. Untuk itu tunggu apalagi silahkan mencoba jika tertarik untuk memainkannya.

Redaktur Tulisan : Maya Andani

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Pusat Pengkajian Komunikasi Massa (P2KM), Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Check Also

Sumber gambar : freshome.com

Tren Botol Minum Memo Bottle

Memo Bottle merupakan botol minum karya desainer asal Australia, Jesse Leeworthy dan Jonathan Byrt. Memo Bottle adalah sebuah tempat minum yang dirancang dengan desain minimalis dan elegan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *