Home / Olahraga / Melihat Pesona Keindahan Alam Bawah Laut Melalui “Snorkeling”

Melihat Pesona Keindahan Alam Bawah Laut Melalui “Snorkeling”

Putri Arum Marzura

 

Pijar, Medan. Berbicara tentang olahraga, banyak sekali olahraga yang kita kenal dengan berbagai cara aktivitasnya. Contohnya seperti bersepeda, berlari, berenang dan sebagainya. Tentu saja olahraga apapun memberikan pengaruh positif bagi kesehatan tubuh kita, apalagi ketika masih muda maka akan berdampak baik ketika sudah lanjut usia nanti.

Bagi pecinta olahraga khususnya olahraga dalam air, ada salah satu olahraga yang sangat menarik dan dengan melakukannya kita bisa melihat keindahan alam bawah laut yaitu Snorkeling. Snorkeling (selam permukaan) atau skin diving (selam dangkal) merupakan salah satu kegiatan berenang atau menyelam dengan menggunakan beberapa alat yang berupa Masker Selam, Kaki Katak (Sirip Selam), Pelampung dan Snorkel. Alat-alat tersebut membantu kita selama kita melakukan Snorkeling agar kita aman dan tidak tenggelam.

Sebelum kita mengetahui Apa dan Bagaimana mengenai Snorkeling, kita perlu tahu sejarah tentang perkembangan Snorkeling. Sejarah Snorkeling disebutkan oleh Aristoteles dalam tulisannya berjudul Parts of Animals. Dia mengacu pada penyelam menggunakan “alat untuk pernapasan” yang menyerupai belalai gajah. Beberapa bukti menunjukkan bahwa snorkeling mungkin berasal dari Crete sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Snorkel adalah salah satu peralatan berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika kita harus bernafas di dalam air menggunakan mulut tanpa harus mengangkat kepala ke atas permukaan air. Penyelam bisa melihat pemandangan bawah laut dan bernafas seperti biasa melalui Snorkel tersebut. Selain menguasai cara bernafas melalui Snorkel, kegiatan Snorkeling tidak membutuhkan latihan khusus seperti yang dibutuhkan para penyelam yang mau melakukan Scuba Diving. Pemula yang belum pernah Snorkeling bisa mempelajari bagaimana teknis dengan pemandu selam dalam waktu singkat.

Snorkeling merupakan kegiatan rekreasi air yang paling populer dan diminati oleh para pecinta Laut dan Pantai. Penyelam dapat menikmati keindahan bawah laut seperti terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang dan penyu. Snorkeling tidak hanya bisa dilakukan di laut saja, ada juga yang melakukannya di danau air tawar ataupun sungai.

Kegiatan Snorkeling ini bisa dilakukan oleh semua orang. Bagi orang yang tidak bisa berenang dan menyelam bisa menggunakan alat bantu pelampung agar terjaga dan tetap aman. Ketika kita menyelam di air yang bersuhu rendah, di sarankan untuk memakai baju khusus selam agar tubuh tetap terjaga dan tidak kedinginan. Baju selam juga menjadi pelindung tubuh agar tidak tergores oleh terumbu karang. Walaupun begitu kita harus tetap berhati-hati akan bahaya di dalam laut yang dapat melukai tubuh kita.

Indonesia sendiri memiliki banyak tempat dengan keindahan alam bawah laut yang mengundang selera untuk Snorkeling atau Scuba Diving, salah satunya Sabang, Bunaken, Bali dan Raja Ampat. Warna air laut yang sangat biru dan jernih membuat keindahan dari terumbu karang mencolok hingga ke atas permukaan air. Begitu juga dengan ikan-ikan yang ada, seperti ikan Nemo dengan warna yang unik dan lucu selalu menjadi favorit para penyelam untuk menunggu si ikan itu keluar dari terumbu karangnya. Olahraga Snorkeling ini membuat tubuh menjadi sehat dan bugar sama halnya seperti ketika kita sedang berenang.

Seperti yang dilakukan Oleh Raihan Alfiyah, salah satu remaja pecinta alam bawah laut yang hobi Snorkeling. Raihan sangat hobi dengan yang namanya berpetualang, “ya kebetulan saya ini anak yang sangat hobi berpetualang layaknya seperti Dora,” ujarnya dengan candaan. Raihan juga mengatakan bahwa sensasi Snorkeling itu berbeda dengan sekedar main air di pantai, karena dengan Snorkeling kita bisa melihat karang dan kehidupan dalam laut yang indah yang sebelumnya tidak diketahui. Raihan sangat cinta dengan laut Sabang, baginya disitulah Ia bisa bebas menghirup udara segar dan menikmati keindahan yang tidak bisa didapatkan darimana pun.

Banyak yang mendokumentasikan dirinya ketika Snorkeling dengan berbagai macam keindahannya. Untuk saat ini, kita bisa memakai kamera Gopro yang bisa dibawa ke dalam air. Di berbagai pantai yang menyediakan alat-alat Snorkeling sendiri pun juga menyediakan kamera dalam air untuk kita gunakan. Olahraga sambil narsis mengasyikkan bukan?

Redaktur Tulisan: Maya Andani

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Pusat Pengkajian Komunikasi Massa (P2KM), Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber gambar : jakartahariini.com

Tricking, Paduan Olahraga Ekstrem dan Estetik

Olahraga yang belum banyak dikenal masyarakat luas ini, pertama kali muncul di Amerika pada tahun 1950-an oleh penari bernama Louils yang menyisipkan gerakan tricking pada setiap pertunjukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *