Home / Olahraga / Rasakan Kebersamaan dan Keseruan Bermain Sepak Bola Api

Rasakan Kebersamaan dan Keseruan Bermain Sepak Bola Api

Sumber gambar : Quoidenews

Muhammad Reza Iskandar Lubis

 

Pijar, Medan. Banyak variasi olahraga dan tradisi unik dari berbagai negara yang melibatkan kemampuan fisik, mental serta keakuratan. Banyak olahraga yang tetap seru untuk dinikmati, baik sebagai pemain maupun sebagai penonton. Mulai dari olahraga yang sudah diciptakan sejak zaman dahulu, sampai tren olahraga ekstrim modern yang sangat berbahaya. Tidak kalah dengan negara-negara Eropa, Indonesia sendiri juga memiliki budaya dengan berbagai variasi olahraga seperti halnya sepak bola yang unik yakni bermain bola dengan api.

Permainan sepak bola api ini merupakan permainan tradisional khas Indonesia, yang biasanya dimainkan pada malam hari. Permainan ini dilakukan oleh dua tim dengan menggunakan bola yang terbuat dari sabut kelapa yang dibakar. Untuk bolanya, dibuat dari bongkahan sabuk kelapa tua yang telah kering dengan terlebih dahulu airnya dibuang. Lalu bongkahan tersebut direndam menggunakan minyak tanah. Tujuannya supaya minyak meresap ke dalam serat-serat bola kelapa tersebut. Aturan dalam permainan ini juga hampir sama dan tidak berbeda jauh dengan permainan sepak bola pada umumnya, yaitu terdiri dari dua gawang. Satu tim terdiri dari lima orang pemain dan lapangan yang digunakan juga tidak berbeda dengan luas lapangan bola basket. Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit. Bagi tim yang banyak memasukkan bola ke gawang lawan maka tim tersebut yang dinyatakan sebagai pemenang dalam permainan.

Konon sebagian orang berpendapat, bahwa permainan ini sering dimainkan oleh para santri?-santri di Pesantren. Permainan ini memiliki syarat khusus (Ritual) sebelum memainkannya. Ritual tersebut diantaranya puasa selama satu bulan yang bertujuan untuk membersihkan diri, menghindari makanan yang dimasak dengan api, dan membaca bacaan khusus yang tiap daerah mungkin berbeda karena memiliki keyakinan yang berbeda. Tetapi semua itu mempunyai tujuan sama, agar tubuh pemain yang terkena bola api tidak merasakan panas saat memainkannya.

Permainan ini harus dimainkan oleh orang dewasa, karena syarat untuk memainkannya perlu teknik yang benar dan ritual khusus. Bahaya jika yang memainkan bola api adalah anak?-anak tanpa pengawasan orang dewasa.

Selain itu, permainan ini juga melatih keberanian untuk tidak takut akan bahaya yang diterima karena permainan ini bisa melukai tubuh akibat panasnya bola api. Salah satu permainan tradisional ini memiliki unsur kebersamaan, dengan mengutamakan sportifitas juga kekompakan. Apalagi permainan ini dapat dinikmati oleh para pemain maupun penontonnya sehingga  kerukunan dapat tercipta.

Redaktur Tulisan : Maya Andani

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Pusat Pengkajian Komunikasi Massa (P2KM), Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber gambar : jakartahariini.com

Tricking, Paduan Olahraga Ekstrem dan Estetik

Olahraga yang belum banyak dikenal masyarakat luas ini, pertama kali muncul di Amerika pada tahun 1950-an oleh penari bernama Louils yang menyisipkan gerakan tricking pada setiap pertunjukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *