Home / Berita / GLP : Lapak Baca dan Penyuluhan Kesehatan Gratis?
mediapijar.com

GLP : Lapak Baca dan Penyuluhan Kesehatan Gratis?

Maya Andani

Pijar, Langkat. Pada sore yang cerah di Lapangan Alun-Alun Kota Stabat, Langkat anak-anak terlihat antusias mengikuti kegiatan Lapak Baca yang diadakan oleh Gerakan Langkat Pintar (GLP). Acara yang diadakan pada Minggu (11/06) ini dimeriahkan juga dengan Penyuluhan Kesehatan gratis untuk anak-anak oleh Komunitas Sultan Husada. Pengunjung tidak hanya anak-anak, para orang tua pun turut serta untuk melakukan cek kesehatan.

Kegiatan yang dimulai pukul 16.00 WIB ini diawali dengan tadarus buku. Tadarus buku merupakan kegiatan membaca buku secara bergilir oleh setiap anak yang kemudian mereka ceritakan kembali apa yang mereka baca. Tadarus buku dilakukan dengan dipandu oleh satu anggota GLP dalam setiap kelompok. Ada juga berbagai games untuk anak-anak agar mereka tambah bersemangat mengikuti kegiatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh Komunitas Sultan Husada tentang Cacingan dan Higiene Personal Anak.

Suasana Tadarusan Buku bersama anak-anak pada kegiatan Lapak Baca di Lapangan Alun-alun Stabat Langkat (11/06). (Fotografer : Maya Andani)
Suasana Tadarusan Buku bersama anak-anak pada kegiatan Lapak Baca di Lapangan Alun-alun Stabat Langkat (11/06).
(Fotografer : Maya Andani)

“Higiene Personal Anak merupakan cara untuk mengajarkan kebersihan pribadi khususnya pada anak. Mereka diajarkan tentang apa itu cacingan, bagaimana cara masuknya cacing, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya. Kemudian anak-anak juga diajarkan bagaimana pencegahan cacing dengan cuci tangan pakai sabun yang benar, tutur Muhammad Rizal Mahasiswa FKM USU sekaligus Founder Sultan Husada.

“Senang rasanya ada kegiatan ini. Senang bisa belajar dan baca buku, juga bisa bermain, dapat ilmu, dan jumpa teman-teman,” kata Dini Ariyanti, siswi kelas 5 SD yang hadir di kegiatan ini.

Meskipun acara ini diadakan pada Bulan Ramadhan, seluruh peserta yaitu anak-anak tetap terlihat bersemangat walaupun mereka sedang berpuasa. Mereka mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Tidak hanya mereka, acara ini juga tidak luput dari perhatian masyarakat di Lapangan Alun-Alun Stabat. Seolah-olah acara ini menjadi pusat perhatian masyarakat pada hari itu.

“Dengan adanya acara ini kami berharap reaksi positif dari masyarakat, yaitu untuk bersama-sama memajukan GLP. Dengan adanya kerjasama dengan komunitas lain, semoga ini merupakan langkah positif untuk maju kedepannya,” pungkas Nisrina Harahap selaku Sekretaris Umum GLP.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian hadiah untuk anak-anak yang menang games dan juga luckydraw untuk mereka yang beruntung. Terakhir pembagian takjil gratis untuk anak-anak serta foto bersama oleh semua panitia GLP, Sultan Husada dan anak-anak.

Rizal berharap dengan adanya kegiatan ini semoga bisa sebagai contoh oleh pemuda-pemuda lainnya untuk melakukan gerakan positif. Tetap semangat untuk GLP, karena GLP bisa menjadi dasar kemajuan anak-anak di Langkat. Mungkin dampaknya tidak sekarang tapi suatu hari nanti. Semoga masyarakat Langkat bisa memberi respon lebih positif lagi.

“Harapannya semoga acaranya lancar dan sukses serta sesuai apa yang diinginkan kedua belah pihak. Jadi pihak manapun tidak ada yang merasa dirugikan. Semoga GLP semakin konsisten melakukan kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat,” kata Syaipull Hary Baharudin, selaku Ketua GLP.

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

mediapijar.com

Talkshow Jurnalistik: Siapapun Bisa Jadi Jurnalis

Lembaga Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan Talkshow Jurnalistik, Sabtu (18/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *