Jumat, 28 Juli 2017
Home / Lifestyle / Terapi Bekam : Pengobatan Alternatif Murah Penyembuhan Berbagai Penyakit

Terapi Bekam : Pengobatan Alternatif Murah Penyembuhan Berbagai Penyakit

Sumber gambar : viva.co.id

Muhammad Reza Iskandar Lubis

Pijar, Medan. Pengobatan alternatif semakin meramaikan dunia kesehatan di Indonesia. Pengobatan alternatif menawarkan penyembuhan berbagai macam penyakit dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang pengobatan medis. Terapi bekam adalah salah satu metode pengobatan alternatif tersebut.

Terapi ini dilakukan dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemakuman di kulit dan pengeluaran darah dari kulit. Proses pemakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya. Dengan melakukan penghisapan atau vakumisasi maka terbentuklah tekanan negatif di dalam cawan/kop, sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) yang diikuti toksin. Lalu menghilangkan perlengketan/adhesi jaringan ikat, dan akan mengalirkan darah bersih ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer.

?Rasanya ringan badannya abis bekam karena darah?-darah kotornya itu udah terbuang,? ujar Benni Masahaji Siregar selaku orang yang pernah melakukan terapi bekam.

Untuk harga terapi bekam sendiri juga sangat terjangkau dan relatif murah. ?Dan untuk harga sekali bekam juga tidak terlalu mahal, hanya Rp 75.000,- dan itu dilakukan di rumah langsung,? lanjut Benni.

Terapi bekam dianggap relatif aman, terutama bila dilakukan oleh para profesional kesehatan terlatih. Namun ada potensi efek samping terapi bekam. Potensi efek samping itu meliputi, ketidaknyamanan ringan, luka bakar, memar, dan infeksi kulit. Bekam juga dibedakan melalui dua jenis, yakni bekam kering dan bekam basah.

Bekam kering, yaitu proses bekam yang dilakukan dengan menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering diyakini untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik juga penyakit-penyakit penyebab kenyerian punggung. Seringkali bekam jenis ini diaplikasikan kepada orang yang takut jarum suntik dan takut melihat darah. Kulit yang dibekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama tiga hari.

Bekam basah, yaitu proses terapi bekam yang dilakukan setelah melakukan bekam kering, dilanjuti dengan melukai permukaan kulit dengan jarum tajam yang sudah disterilkan. Lalu di sekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah. Darah yang keluar diyakini sebagai darah kotor. Lamanya setiap hisapan 3- 5 menit, dan maksimal 9 menit, Tergantung dari penyakitnya. Dalam kasus tertentu memungkinkan proses bisa lebih lama.

Berbekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam mengobati berbagai kelainan penyakit seperti hemophilia, hipertensi, gout, reumatik arthritis, sciatica, back pain (sakit punggung), migraine, vertigo, anxietas (kecemasan) serta penyakit umum lainnya baik bersifat fisik maupun mental.

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Pusat Pengkajian Komunikasi Massa (P2KM), Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Check Also

Sumber gambar : freshome.com

Tren Botol Minum Memo Bottle

Memo Bottle merupakan botol minum karya desainer asal Australia, Jesse Leeworthy dan Jonathan Byrt. Memo Bottle adalah sebuah tempat minum yang dirancang dengan desain minimalis dan elegan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *