Jumat, 28 Juli 2017
Home / Berita / Tidak Lulus Jalur Mandiri? USU Sediakan 1.015 Kursi untuk Jalur D3
mediapijar.com

Tidak Lulus Jalur Mandiri? USU Sediakan 1.015 Kursi untuk Jalur D3

Grace Kolin

Pijar, Medan. Universitas Sumatera Utara kembali mengadakan Ujian Seleksi Jalur Mandiri bagi siswa/i SLTA yang tidak lulus lewat jalur SNMPTN dan SBMTPN. Total pendaftar yang mendaftar dan mengikuti Seleksi Ujian Mandiri hingga hari Jumat (07/07) mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni dari 5.404 menjadi 6.526 pendaftar. Kenaikan jumlah pendaftar pun sejalan dengan kenaikan daya tampung dari 1.896 kursi menjadi 2.053 kursi.

“Tidak ada yang berbeda, cuma organisasi penyelenggaranya. Kalau kita dulu bergabung dengan SPMB, sekarang kita benar-benar mandiri. Ujian Mandiri yang dilaksanakan secara mandiri oleh USU untuk pertama sekali,” ujar Kepala Bagian Humas USU, Bisru Hafi.

Bisru menuturkan, ujian tulis Mandiri berlangsung di tujuh Fakultas USU sejak pukul 07.00 WIB pada Selasa (11/07).  Sebanyak 6.526 peserta yang mengikuti ujian seleksi jalur ini yang terbagi dalam tiga jalur, 3.206 peserta Jalur IPA, 2.280 Jalur IPS, dan 1.040 Jalur IPC. Pembagian lokasi ujian dilakukan di beberapa Fakultas, seperti Fakultas Kedokteran, Pertanian, FKG, dan Farmasi untuk jalur IPA, Fakultas FISIP dan Hukum untuk jalur IPS, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk jalur IPC. Peserta dari masing-masing jalur penjurusan mengikuti ujian tertulis meliputi tes kemampuan dasar IPA, tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA), serta tes kemampuan dasar IPS.

Derry, salah satu peserta ujian mandiri jalur IPC sedang istirahat sambil menunggu ujian Tes Kemampuan Dasar IPS mengatakan bahwa ia optimis akan lulus dalam ujian kali ini. Ujian kali ini, ia memilih Teknologi Informasi sebagai pilihan pertama karena hobinya di dunia IT. Supaya tidak terlambat ujian, ia sengaja berangkat pagi-pagi dari tempat tinggalnya di Tembung. Seperti peserta lainnya, Derry dapat mengakses pengumuman ujian mandiri pada tanggal 20 Juli 2017 mendatang.

“Jadi ini merupakan kesempatan terakhir seleksi S1 masuk Universitas Sumatera Utara dari tiga jalur untuk masuk ke USU. Sama SNMPTN sudah kita lalui dengan baik, SBMPTN juga sudah berjalan dengan baik. Insyaallah, hari ini kita juga melihat pelaksanaan seleksi masuk mandiri USU juga berjalan dengan baik,” ujar Rektor USU, Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, M. Hum setelah selesai melakukan peninjauan pelaksanaan seleksi ujian Mandiri ke Fakultas Pertanian, FISIP, Farmasi dan FKG.

Runtung menghimbau bagi peserta yang nantinya tidak lulus, tidak perlu khawatir ataupun berkecil hati. Akan ada ujian seleksi jalur D3 yang akan segera dibuka pendaftarannya pada 17–31 Juli 2017. Ujian tersebut akan diadakan pada 2 Agustus dan akan diumumkan 8 Agustus. Kuota seleksi jalur D3 sendiri hanya tersedia sebanyak 1.015 kursi. Akumulasi dari mahasiswa baru USU tahun 2017/2018 dari keempat jalur masuk adalah sebesar 8.465, 7.450 diantaranya adalah mahasiswa baru untuk jenjang S1.

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Pusat Pengkajian Komunikasi Massa (P2KM), Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Check Also

mediapijar.com

Mengukir Semangat Anak-Anak Desa Melalui Festival Anak Sholeh 2017

Beastudi Etos Medan dari lembaga Dompet Dhuafa menggelar acara Festival Anak Sholeh (FAS) 2017 di desa Ndeskati, Kabupaten Karo pada Minggu (11/06).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *