Hits: 20

Mutia Rahma

Pijar, Jakarta. Penerbit Gramedia Pustaka Utama resmi meluncurkan buku kumpulan puisi terbaru karya Joko Pinurbo, pada Sabtu (5/8), bertempat di Gramedia Central Park Mall, Jakarta. Buku berjudul Buku Latihan Tidur ini berisi puisi-puisi ciptaan Joko Pinurbo tahun 2014-2017 yang belum pernah dibukukan, dengan masih mengusung nuansa humor dan ironi yang berpadu dengan renungan mengenai misteri hidup.

Acara tersebut diawali dengan pembukaan oleh pemandu acara yaitu Tatyana Soebianto. Selanjutnya pembacaan puisi karya Joko Pinurbo oleh Gratiagusti Chananya (Anya) Rompas, musikalisasi puisi dilakukan oleh musikus dan penyanyi Oppie Andaresta. Selain itu yang paling menarik adalah penyair Sapardi Djoko Damono yang didaulat untuk membacakan puisi favoritnya dalam buku ini.

Buku Latihan Tidur merupakan buah karya ke sembilan penyair yang kerap disapa Jokpin, sejak kemunculannya pada tahun 1999. Menurutnya, tidak ada yang berbeda antara buku ini dengan buku lainnya. Tetapi dibuku ini, ada satu yang menarik “Buku ini gak lebih istimewa daripada yang lain. Hanya saja jika boleh jujur, yang paling menarik dalam buku ini adalah ada puisi yang tidak dapat diterjemahkan ke dalam bahasa manapun,” tutur penyair asal Jogjakarta tersebut.

Joko Pinurbo (Jokpin) saat meluncurkan buku kumpulan puisi berjudul Buku Latihan Tidur, Di Gramedia Central Park Jakarta (5/8). Fotografer: Oliviardy Reviansyah
Joko Pinurbo (Jokpin) saat meluncurkan buku kumpulan puisi berjudul Buku Latihan Tidur, di Gramedia Central Park Jakarta (5/8).
Fotografer: Oliviardy Reviansyah

Sebelum memasuki penghujung acara, pemandu acara Tatyana memberikan cindera mata yang berbentuk penutup mata tidur yang dimodifikasi olehnya sendiri dengan menggunakan karet gelang secara sederhana. Dengan lucunya Jokpin menangkis penutup mata tersebut dan berkata, “Saya nggak perlu ini. Nggak usah pake ini saya tetap bisa terpejam sambil baca puisi kok,” kalimat tersebut pun direspon dengan tawa dan tepuk tangan dari penonton.

Acara ini diakhiri dengan seremonial peluncuran Buku Latihan Tidur karya Jaka Pinurbo oleh pihak Gramedia Pustaka Utama dan pemberian tanda tangan bagi pengunjung yang hadir.

Leave a comment