Home / Jalan-Jalan / Mie Gomak, Spaghetti Ala Batak
mie

Mie Gomak, Spaghetti Ala Batak

Viona Matullessya

Pijar, Medan. Jangan mengaku orang Medan kalau belum mencicipi kuliner khas Batak Toba satu ini. Mie gomak, sebutan untuk mie yang akrab pula disapa spaghetti Batak oleh para penikmatnya. Sebutan ini mungkin berkaitan dengan tekstur dari mie gomak sendiri yang mirip dengan spaghetti asal Italia. Makanan ini boleh jadi dikatakan sebagai makanan andalan orang Batak selain Ombus-ombus atau Nanihura.

Penyebutan gomak sendiri berasal dari bahasa Batak yang berarti diaduk dengan tangan. Hal ini berkaitan dengan penyajian mie ini yang dulunya setelah dicampur dengan bumbu kemudian digomak (diaduk) dengan tangan. Namun, cara-cara ini sudah mulai ditinggalkan para penjualnya berkaitan dengan kebersihan makanan.

Proses pembuatannya juga cukup mudah. Untuk mie, cukup rebus mie lidi dengan sedikit minyak goreng dan garam sampai lembut. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, kemudian masukkan sayur, rebus hingga matang. Masukkan mie dan aduk hingga tercampur rata. Setelah matang, sisihkan ke dalam wadah untuk mie. Untuk kuahnya, tumis bahan yang dihaluskan dengan minyak secukupnya. Aduk sampai matang, kemudian masukkan air hasil rebusan mie dan satu gelas air. Aduk sampai mendidih, kemudian masukkan santan, daun bawang yang telah diiris, dan telur. Tambahkan garam secukupnya. Setelah mendidih, mie siap disajikan.

Soal rasa, spaghetti Batak ini kabarnya memiliki rasa yang tidak kalah dengan spaghetti khas Perancis. Bumbu yang khas dari makanan ini tentunya merica batak, Andaliman. Campuran Andaliman ini memberikan cita rasa sendiri bagi para penikmatnya karena menimbulkan sensasi getir saat memakannya.

Harga makanan ini juga cukup terjangkau, berkisar dari Rp5000 sampai Rp10000. Mie asal Batak Toba ini kerap kali ditemukan di warung pinggir jalan di kota-kota yang ada di Sumatera Utara ini. Mie gomak bisa ditemukan di banyak warung-warung kecil di penjuru kota Medan. Untuk yang berdomisili di USU dan sekitarnya boleh mencoba di Warung Mie Gomak & Segelas Kopi di Jalan Jamin Ginting No. 475. Selamat mencoba sobat Pijar!

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

mediapijar.com

Habitat Coffee : Eat & Grow

Sesuai dengan namanya, kafe ini menyajikan berbagai jenis kopi yang dibuat langsung dengan mesin kopi, jadi buat kamu pencinta kopi wajib cobain tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *