Home / Berita / Inspirasi Beasiswa Untuk Mahasiswa Melalui Seminar Beasiswa
mediapijar.com

Inspirasi Beasiswa Untuk Mahasiswa Melalui Seminar Beasiswa

Cici Alhamdaina

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) As-Siyasah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) kembali mengadakan seminar beasiswa di Gedung H. Anif  USU, Jumat (27/10). Acara yang dimulai pukul 13.00 WIB ini mengusung tema “Grab Your Dreams and Get Your Future”.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan, memberikan tips dan trik, serta memotivasi mahasiswa untuk semangat mengejar beasiswa.

Seminar yang dihadiri sekitar 250 orang peserta ini terdiri dari dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Juari sebagai penerima Beasiswa PPA,  Hary Gunawan sebagai penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan, dan Leni Ariani Haimi sebagai penerima Beasiswa Karya Salemba Empat. Sesi kedua dihadirkan pemateri dari penerima beasiswa yang tak kalah luar biasa antara lain, Novianti Artika Sari sebagai penerima Beasiswa Djarum Beasiswa Plus, Devi Syafira sebagai penerima Beasiswa Tanoto Foundation, dan Dinda Nazlia Nasution sebagai penerima Beasiswa XL Future Leader. Selain itu, acara ini turut dimeriahkan dengan penampilan keterampilan memainkan Nunchaku, senjata asal Jepang oleh Indonesia Nunchaku Club (INC) Medan.

Dinda nazlia, Awardee XL future Leader sebagai salah satu pengisi materi seminar beasiswa di gedung H. Anif, Jumat (27/10).
Dinda nazlia, Awardee XL future Leader sebagai salah satu pengisi materi seminar beasiswa di gedung H. Anif, Jumat (27/10).

“Di tahun kelima diadakannya seminar beasiswa ini, kami berharap UKMI As-Siyasah tidak hanya dikenal sebagai unit kegiatan mahasiswa yang hanya mengadakan kegiatan keislaman saja tapi juga kegiatan untuk umum yang menginspirasi semacam ini,” ungkap Chairul Azhar Purba, selaku Ketua Umum UKMI As-Siyasah dalam kata sambutannya.

Melalui acara ini pula, diharapkan mahasiswa yang hadir mau memberanikan diri untuk terus mencoba beasiswa-beasiswa yang ada di kampus. Karena ada banyak manfaat yang diperoleh selain pembebasan uang kuliah dan uang saku, seperti adanya berbagai program pengembangan diri.

“Yang penting itu jujur dan jangan mudah nyerah mengikuti segala tahap seleksi. Gapapa gagal, karena saya juga sebelumnya nyoba berbagai beasiswa tapi kemudian ya Alhamdulillah rezekinya di Djarum Beasiswa Plus ini.  Seperti yang dibilang Pak Dahlan Iskan, Setiap orang punya jatah gagal, maka habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda, ” jelas Novianti.

Senada dengan Novianti, Dinda Nazlia sebagai awardee XL Future Leader sekaligus pemilik gelar Mahasiswa Berprestasi (MaWaPres) USU 2017 mengungkapkan, “Setiap orang memang pada awalnya adalah pemula, jadi tidak perlu takut untuk mencoba, semua beasiswa sama baiknya,  just believe in yourself dan jangan lupa untuk tetap berdoa dan usaha keras.”

Peserta yang hadir sangat antusias terhadap materi dan penjelasan yang dipaparkan. Terbukti dari banyak peserta yang bertanya langsung kepada pemateri mengenai syarat-syarat beasiswa, mekanisme seleksi, keuntungan penerima beasiswa, dan lainnya.

“Saya seneng banget ada acara semacam ini, sehingga wawasan saya mengenai beasiswa bertambah, apalagi untuk mahasiswa baru seperti saya. Harapannya ya semoga dari penjelasan tadi bisa diaplikasikan dan semoga bisa lulus untuk beasiswa yang akan saya coba nanti,” ujar Khairunnisa, mahasiswa Sosiologi stambuk 2017 ketika ditanyai pendapatnya.

Sesi terakhir adalah pemberian plakat untuk seluruh pemateri oleh panitia dan foto bersama lalu ditutup dengan doa. Selain itu, panitia juga membagikan berbagai doorprize di sela–sela acara untuk para peserta serta menyediakan photobooth untuk berfoto ria.

(Redaktur Tulisan : Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

mediapijar.com

Talkshow Jurnalistik: Siapapun Bisa Jadi Jurnalis

Lembaga Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan Talkshow Jurnalistik, Sabtu (18/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *