Home / Berita / CDF UNDHAR: Asah Kemampuan Public Speaking
Penyampaian kata sambutan oleh Wakil Dekan FISIP Undhar Kariaman Sinaga, MAP dalam acara Seminar Public Speaking yang berada di Aula UNiversitas Dharmawangsa. (8/11)
Penyampaian kata sambutan oleh Wakil Dekan FISIP Undhar Kariaman Sinaga, MAP dalam acara Seminar Public Speaking yang berada di Aula UNiversitas Dharmawangsa. (8/11)

CDF UNDHAR: Asah Kemampuan Public Speaking

Thiara Figlia Chandra

Pijar, Medan. Saat ini kemampuan berbicara di depan umum sangat dibutuhkan pada semua bidang. Menjadi public speaker yang baik sudah menjadi keharusan terutama bagi generasi muda sekarang ini. Dengan tema “Be a Good Public Speaker”, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dharmawangsa mengadakan Seminar Public Speaking, Rabu (08/11). Acara yang dilaksanakan di Aula Universitas Dharmawangsa ini dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Kariaman Sinaga, MAP.

Acara ini digelar dalam rangka mengisi Communication Day Fisip (CDF) Universitas Dharmawangsa. Sebagai pembicara, pihak acara mengundang Randy Tunggeleng SE, CS, CPT yakni seorang motivator, trainer dan professional speaker. Sesuai dengan tema acara, Randy mennjelaskan bagaimana cara menjadi speaker yang baik di depan umum. “Kunci utama menjadi public speaker adalah menguasai 3V, yaitu Verbal, Vocal dan Visual,” kata Randy.

Sesi pembicara ditutup dengan couching clinic. Peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan langsung penjelasan Randy dengan membawakan berita di depan peserta lainnya. Acara yang baru pertama kali digelar di Universitas Dharmawangsa ini berlangsung sukses.

“Alhamdulillah, walaupun ini baru pertama kalinya digelar disini, acara ini berlangsung sukses. Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi para peserta dan dapat memenuhi kebutuhan para mahasiswa untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum,” ujar Delfi I. M. Siregar, selaku Ketua Panitia.

Randy Tunggeleng SE, CPS, CT  yang sedang menjelaskan mengenai Public Speaking yang diselanggarakan di Aula Universitas Dharmawangsa Medan. (8/11) (Fotografer: Dwi Harizki)
Randy Tunggeleng SE, CPS, CT yang sedang menjelaskan mengenai Public Speaking yang diselanggarakan di Aula Universitas Dharmawangsa Medan. (8/11)
(Fotografer: Dwi Harizki)

Dihadiri 150 orang,  seminar ini disambut antusias oleh para peserta dari beberapa universitas di Medan, seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas HKBP Nomensen, dan banyak lagi.

“Seminar seperti ini sangat bermanfaat terutama bagi kita para mahasiswa. Karena kan, kemampuan public speaking ini sudah erat dengan kehidupan sehai-hari kita,” ujar Raudha, salah satu peserta.

Acara ini ditutup dengan pemberian plakat kepada pembicara Randy Tunggeleng yang diserahkan oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Dharmawangsa, Junaidi.

Redaktur Tulisan: Maya Andani

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

mediapijar.com

Talkshow Jurnalistik: Siapapun Bisa Jadi Jurnalis

Lembaga Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan Talkshow Jurnalistik, Sabtu (18/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *