Home / Jalan-Jalan / Cireng: Jajanan Paris Van Java Hadir di Medan
Sumber Foto : http://travel.tribunnews.com/2016/12/13/kuliner-jakarta-mulai-cireng-hingga-mochi
Sumber Foto : http://travel.tribunnews.com/2016/12/13/kuliner-jakarta-mulai-cireng-hingga-mochi

Cireng: Jajanan Paris Van Java Hadir di Medan

Annisa Nahda

Pijar, Medan. Bandung atau yang juga dikenal dengan nama ‘Paris Van Java’ memiliki banyak kuliner yang khas seperti Siomay, Serabi, Batagor, Seblak dan Wajik. Makanan-makanan tersebut pasti sudah tidak asing lagi bagi Sobat Pijar. Kalau Cireng pada tau gak?

Cireng atau aci digoreng ialah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda. Makanan yang mulai dikenal sejak era 80-an ini berbahan utama tepung kanji dan tapioka. Cara pembuatan Cireng juga cukup mudah untuk sobat Pijar buat sendiri di rumah. Pertama kita mencampurkan tepung kanji dan tapioka terlebih dahulu, lalu tambahkan daun bawang, seledri, bawah putih, garam dan merica. Adonan yang telah tercampur kemudian mulai dibentuk sesuai dengan keinginan masing-masing.

Bagi Sobat Pijar yang tidak ingin repot, di Kota Medan sendiri terdapat beberapa gerai makanan yang menjual Cireng. Salah satunya Gerai Bawean yang terletak di Komplek Taman Setia Budi Indah (Tasbih). Diana, salah seorang pegawai di Bawean menuturkan gerai ini dibuka untuk memperkenalkan Cireng di Kota Medan, “Makanan ini langka dan masih asing di Medan, jadi kami membuka gerai ini agar masyarakat Medan bisa merasakan makanan khas Bandung ini”.

Bawean buka pada jam 13.30 – 19.00. Cireng di sini memiliki banyak varian topping seperti  Original, Keju, Abon, dan Smooked Beef. Harga makanan khas sunda ini relatif terjangkau, hanya dengan Rp.13.000 sobat Pijar sudah bisa menikmati seporsi Cireng. Gerai ini tidak hanya menjual Cireng saja tetapi juga menyediakan Pempek dan Cilok.

Putri, salah satu pelanggan di Bawean mengatakan Cireng ini cocok dijadikan sebagai cemilan. “Cireng ini enak, kalau aku suka di jadikan cemilan dan lebih suka makan nya pake serbuk cabe nya daripada bumbu rujaknya”.

Bukan hanya rasanya yang enak, Cireng juga memiliki banyak manfaat. Seperti yang dilansir www.khasiat.co.id, Cireng dipercaya dapat mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah, mengembangkan otot, menyehatkan sistem percernaan dan menaikkan berat badan. Uniknya situs kesehatan ini juga menyebutkan bahwa Cireng dapat mengobati sakit maag. Tepung kanji yang terdapat dalam Cireng memiliki kandungan gizi yang bisa menjadi alternatif pengobataan sakit maag.

Selain Cireng yang dimasak dengan cara digoreng, Aci yang merupakan bahan dasar juga dapat diolah menjadi Cilok (Aci dicolok) dimana Aci direbus, Cimol (aci digemol) dimana Aci digoreng namun dibentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal dan Cilor (Aci telor) dimana Aci digoreng bersama telur.

(Redaktur Tulisan: Nadia Lumongga Nasution)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

image1 (4)

Nikmat Sederhana Ala Kafe Pojok ’98

Kafe Pojok? Mojok-mojok dong? Dih gak takut kena gerebek? Pasti banyak orang pacaran nih? Eitss.. tunggu dulu. Mendengar namanya, mungkin kita langsung beranggapan bahwa kafe ini memiliki citra yang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *