Home / Berita / IKAPRI: Mendorong Wanita Menjadi Terampil, Berkarya, Profesional, dan Mandiri

IKAPRI: Mendorong Wanita Menjadi Terampil, Berkarya, Profesional, dan Mandiri

Annisa Rahmi

Pijar, Medan. Ikatan Kartini Profesional Indonesia (IKAPRI) mengadakan acara dalam rangka pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Daerah Provinsi Sumatra Utara, Jumat (3/11). Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sumatera Utara (USU). Dalam agenda ini, tampak hadir Wakil Gubernur Sumatera utara, Dekan Fisip USU, Ketua Umum IKAPRI Indonesia, serta Ketua Umum IKAPRI DPD Sumatra utara.

Adapun rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari MC, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa, laporan dari ketua panitia acara, serta proses pelantikan Dewan Pengurus Daerah Sumatera Utara. Acara ini mengusung tema “Terampil, Berkarya, Profesional, dan Mandiri”. Sesuai dengan visi misi dari organisasi tersebut yang ingin para perempuan Indonesia dapat mengolah dan menjalankan profesinya melalui bidang pendidikan, pembinaan, pelatihan advokasi pengembangan wawasan, dan kepemimpinan.

“Organisasi ini merupakan organisasi sosial nirlaba dari kelompok perempuan profesional yang peduli dengan nasib perempuan lainnya, wadah bagi kaum perempuan profesional atau yang bekerja di Indonesia untuk membantu dirinya sendiri dan orang lain dalam mengembangkan usaha dan profesi,” ujar Ketua Umum IKAPRI DPD Sumatra Utara Edowati Istanti, S.sos., dalam kata sambutannya.

Kata sambutan Wakil Gubernur Sumatera Utara, (Brigjend TNI Purn) Nurhajizah Marpaung pada acara Pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Daerah IKAPRI Indonesia Provinsi Sumatera Utara di Ruang Sidang FISIP USU (11/03). (Fotografer: Fatin Faiza Siregar)
Kata sambutan Wakil Gubernur Sumatera Utara, (Brigjend TNI Purn) Nurhajizah Marpaung pada acara Pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Daerah IKAPRI Indonesia Provinsi Sumatera Utara di Ruang Sidang FISIP USU (11/03).
(Fotografer: Fatin Faiza Siregar)

IKAPRI juga mengundang wanita yang berperan penting dalam pemerintahan yaitu Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung selaku Wakil Gubernur Sumatra Utara. Ia menyampaikan pesan dalam kata sambutannya. “Jadi wanita itu jangan tidur, bangunlah, terutama karena perempuan itu disamping berpikir, kita juga harus punya moral dan pakai rasa, bangunlah ibu-ibuku, bangunlah saudara-saudaraku, mari kita tata Sumatera Utara ini menjadi seperti tiga puluh tahun yang lalu, Harimau Sumatra,” ungkapnya tegas.

“Acara ini sangat bagus sekali, saya mengharap sekali ada banyak organisasi wanita khususnya. Supaya apa, wanita itukan diberikan tuhan suatu kodrat yang amat bagus dalam waktu yang bersamaan kita bisa melakukan tiga pekerjaan sebagai ibu, sebagai istri, sebagai yang mengajak anak-anak. Semua wanita yang ada di Indonesia ini agar berbudi pekerti baik dan bermoral tinggi. Supaya menjadi Indonesia yang jaya masa depannya,“ kata Nurhajizah Marpaung saat diwawancarai.

“Acara ini dilakukan tidak secara rutin sebab kegiatan yang dilakukan adalah pengukuhan dan pelantikan, hanya sekali dalam setiap daerah. Kegiatan ini kami peruntukan hanya untuk para wanita-wanita di Indonesia khusunya Sumatra utara ini, “ ujar Mahyuni selaku ketua acara.

Para peserta yang hadir cukup ramai dengan konsep acara yang sederhana namun tetap hikmat dalam pelaksanannya. Peserta yang hadir beragam dari kalangan profesi yang berbeda. “Harapannya supaya berjalan dengan lancar, mengena ke audiens yang diundang, bisa bermanfaat bagi meraka yang kita undang,“tambah Mahyuni.

Pada akhir acara yaitu pemberian plakat pengahargaan dari Ketua Umum IKAPRI kepada Wakil Gubernur Sumatra Utara, Dekan Fisip USU, Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, serta ketua umum IKAPRI DPD Sumatera Utara, dan diakhiri dengan foto bersama.

Redaktur Tulisan: Maya Andani

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

mediapijar.com

Talkshow Jurnalistik: Siapapun Bisa Jadi Jurnalis

Lembaga Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan Talkshow Jurnalistik, Sabtu (18/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *