Home / Berita / Imajinasi USU Gelar Public Speaking Competition Perdana
mediapijar.com

Imajinasi USU Gelar Public Speaking Competition Perdana

Viona Matullessya

Pijar, Medan. Public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap akademisi. Menjawab kebutuhan tersebut, Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Imajinasi) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan Public Speaking Competition, Rabu (22/11) di Ruang Sidang FISIP USU.

Kegiatan yang bertujuan sebagai media penyalur bagi bakat public speaking yang dimiliki oleh mahasiswa dan siswa yang ada di Medan ini, sukses menghadirkan peserta dari berbagai kalangan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Ilmu Komunikasi USU kepada umum.

Dimulai pukul 11.00 WIB dengan kata sambutan oleh Dosen Ilmu Komunikasi USU, Dra. Mazdalifah, M.Si, P.hd yang memberikan semangat dan tips kepada para peserta dalam public speaking competition ini. Selain dosen, ketua Imajinasi Rifqi Syailendra juga menyampaikan sambutannya terhadap acara ini dan disusul dengan laporan Ketua Panitia Theresia Ginting. Lalu dilanjutkan dengan penampilan 30 peserta public speaking yang saling unjuk kebolehan mereka dalam public speaking.

Kompetisi yang diikuti mahasiswa dan juga siswa ini terdiri dari tiga babak, yakni babak penyisihan yang menyeleksi 30 peserta menjadi 15 peserta. Lalu ke-15 peserta ini kembali bertanding pada babak grand final dan menyisakan 5 orang peserta yaitu, Fikri Muhammad, Dufeldip Kaur, Kartika, Silvadiah, dan Yesaya. Kelima peserta ini kemudian menyalurkan aspirasi mereka mengenai cerdas bermedia dalam waktu 5 menit. Hingga akhirnya kompetisi ini dimenangkan oleh Silvadiah Suci Utami sebagai juara pertama, Muhammad Fikri juara kedua, dan Dufeldip Kaur sebagai juara ketiga.

Para pemenang Public Speaking Competition oleh Divisi Humas Imajinasi berfoto bersama Juri dan MC (22/11). (Fotografer: Fiona Matulessya)
Para pemenang Public Speaking Competition oleh Divisi Humas Imajinasi berfoto bersama Juri dan MC (22/11).
(Fotografer: Fiona Matulessya)

Kompetisi tersebut menghadirkan juri yang kompeten di bidangnya, seperti Engelin Panjaitan, Mahasiswa Ilmu Komunikasi USU yang sudah tidak diragukan lagi jam terbangnya sebagai Public Speaker di dalam dan luar kampus. Adapula Mega Riana Hutagalung, Duta Mahasiswa lntelegensia USU 2017, dan Fandy Matondang, Duta Mahasiswa Putra USU 2017.

Selain memperoleh pengetahuan mengenai cerdas bermedia yang disampaikan oleh para peserta, penonton kegiatan ini juga dapat mempelajari kiat-kiat public speaking yang disampaikan oleh para juri kepada peserta. Salah satunya, disampaikan oleh Engelin Panjaitan yang menuturkan untuk mengurangi rasa gugup pada saat melakukan public speaking adalah dengan tidak lupa memberikan senyum terbaik kita ketika akan memulai berbicara. Ada pula saran agar tidak memberikan gerakan yang berlebihan pada saat berbicara serta memperhatikan intonasi (tinggi rendahnya suara) ketika berbicara.

Khairi Wahyuni sebagai panitia menyampaikan harapannya untuk lomba perdana Public Speaking di Ilmu Komunikasi USU. “Semoga acara ini terus berlangsung di Ilkom. Selain melatih bakat, juga melatih mental peserta. Jadi Medan bisa menciptakan speaker yang baik,” tutur Khairi.

Salah satu peserta yang berasal dari SMA Sutomo 1 juga menyampaikan harapannya mengenai kegiatan ini. “Kegiatan ini berlangsung dengan baik, bermanfaat juga untuk menambah keberanian diri, ada komentar juga (dari juri) yang menambah pengetahuan tentang public speaking juga. Harapannya kegiatan seperti ini bisa lebih rame dan lebih seru lagi,” tutur gadis berkacamata ini.

Acara ini turut dimeriahkan dengan kehadiran Raka, mahasiswa Ilmu Administrasi FISIP USU yang melakukan stand up comedy untuk mengurangi kepenatan para peserta. Kegiatan ditutup dengan penyerahan hadiah lomba kepada peserta oleh dewan juri.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

image1 (2)

Natal Oikumene USU: Ajak Mahasiswa Memaknai Arti Keberagaman

Memasuki Desember, perayaan natal tentu saja menjadi agenda penting bagi seluruh Umat Nasrani untuk menyambut kelahiran Sang Isa Almasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *