Home / Berita / Kuliah Umum Kewirausahaan: Tumbuhkan Minat Wirausaha Pemuda Era Millenial
mediapijar.com

Kuliah Umum Kewirausahaan: Tumbuhkan Minat Wirausaha Pemuda Era Millenial

Muhammad Abdul Fattah

Medan, Pijar. LEPRI (Lembaga Ekonomi dan Pendidikan Rakyat Indonesia) mengadakan Kuliah Umum Kewirausahaan Sosial di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (13/11). Acara yang dimulai pukul 09.00 ini menghadirkan Andrianof A. Chaniago, Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai pemateri utama.

Kuliah umum tersebut dilaksanakan atas kerjasama antara Bank BRI dan Coffindo dengan Universitas Sumatera Utara.

Mengangkat tema “Kewirausahaan Sosial di Era Millenial dan Pemuda sebagai Pilar Utama Industri Ekonomi Kreatif”, acara tersebut sukses memberikan pengertian kepada mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengenai pentingnya berwirausaha.

“Dengan tema tersebut, diharapkan pemuda zaman millenial kini tak hanya berpatokan kepada pekerjaan yang tersedia, namun memiliki rasa ingin menciptakan lapangan pekerjaan yaitu dengan berwirausaha”, kata Abdul Wahab, S.E, M.Si selaku Ketua DPP LEPRI sekaligus ketua panitia penyelenggara kuliah umum ini.

Acara dimulai dengan kata sambutan oleh ketua panitia, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, M.Hum., selanjutnya materi lewat kuliah umum. Sebelum pemberian materi kuliah oleh pemateri, Rektor Universitas Sumatera Utara memberikan plakat sebagai ucapan serta kenang-kenangan kepada pemateri.

Pemberian Plakat oleh Prof. Dr. Runtung Sitepu kepada Andrianof A. Chaniago sebagai bingkisan dan kenang-kenangan dalam Kuliah Umum Kewirausahaan Sosial di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (13/11). (Fotografer: Muhammad Abdul Fattah)
Pemberian Plakat oleh Prof. Dr. Runtung Sitepu kepada Andrianof A. Chaniago sebagai bingkisan dan kenang-kenangan dalam Kuliah Umum Kewirausahaan Sosial di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (13/11).
(Fotografer: Muhammad Abdul Fattah)

“….bonus demografi yang terjadi tahun 2020-2030 memberikan hope dan fear bagi rakyat Indonesia khususnya pemuda…”, sekilas isi dari materi kuliah umum yang disampaikan oleh Andrianof.

Beliau juga mengatakan bahwa dengan adanya perkembangan teknologi informasi, lapangan pekerjaan semakin sempit. Oleh karena itu, kewirausahaan penting dikembangkan untuk menghadapi era bonus demografi tersebut. Solusi untuk menjadi individu yang sejahtera adalah berwirausaha dengan memanfaatkan aset yang dimiliki.

Selain Andrianof , ada pula Irfan Anwar yang merupakan alumni dari Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara yang sekarang berprofesi sebagai Wirausaha muda. “Wirausaha sosial adalah mereka yang tahu cara mewujudkan ide menjadi kenyataan,” capnya dalam menyampaikan kuliah umum.

Johar Azmi, mahasiswa Fakultas Hukum yang menjadi peserta kuliah umum kewirausahaan sosial ini mengatakan,  bahwa acara ini sangat bagus karena banyak informasi yang diterima seperti kewirausahaan dapat memajukan negara Indonesia dengan perbandingan negara-negara maju. Johar juga mengaku dengan adanya kuliah umum ini memberikan kesadaran kepada mahasiswa betapa pentingnya berwirausaha untuk membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhannya.

“Harapannya semoga dengan adanya kuliah umum ini, menumbuhkan minat mahasiswa di Universitas Sumatera Utara untuk memanfaatkan kemajuan teknologi yang berkembang saat sekarang ini dengan berwirausaha,” ungkap Abdul Wahab selaku ketua penyelenggara.

(Redaktur Tulisan: Viona Matullessya)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

mediapijar.com

Talkshow Jurnalistik: Siapapun Bisa Jadi Jurnalis

Lembaga Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan Talkshow Jurnalistik, Sabtu (18/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *