Home / Lifestyle / Media Sosial Sebabkan Ragam Tren Foto

Media Sosial Sebabkan Ragam Tren Foto

Sumber Foto: manado.tribunnews.com

Putri Arum Marzura

Pijar, Medan. Bila mengingat beberapa tahun lalu, saat kita baru mengenal media sosial, sering kali kita akan terpingkal sendiri melihat posting-an lama kita. Postingan dengan gaya yang dulunya menurut kita keren, malah kelihatan memalukan saat kita kenang saat ini. Ditambah caption dramatis ala anak zaman itu, kita sukses menjadi anak gaul era itu.

Perkembangan zaman membawa serta pula dampak perkembangan cara dan gaya orang berfoto. Semua orang seakan dituntut mengikutinyaagar mendapat gelar anak zaman.

Dari dulu hingga saat ini dunia foto sangat digemari oleh semua orang. Bukan yang masih belia saja, bahkan para orang tua juga tidak mau ketinggalan dengan tren foto yang hadir pada saat ini.

Tren foto bukan hal yang tabu lagi untuk kita ketahui, seperti sudah kewajiban bagi semua orang untuk mengikuti perkembangannya. Apalagi kehadiran media sosial menuntut kita untuk membagikan tiap kejadian dalam hidup kita melalui foto.

Perkembangan tren foto atau gaya foto yang melanda anak muda masa kini bukan tanpa sebab.Kebebasan berekspresi lewat media sosial menjadi salah satu faktor beragamnya gaya foto dimasa ini.Berbeda dengan era 80-an yang gaya foto masih terkesan kaku dan itu-itu saja.

Bergaya foto dengan menunjukkan jari angka dua yang biasa disebut dengan peace masih menjadi tren hingga saat ini. Bukan untuk anak remaja saja, kita juga sudah tahu para orang tua pun sudah mengikutinya dan memperagakannya ketika berfoto.

Adapula gaya foto jari membentuk huruf “O” melambangkan oke dengan bibir dimanyunkan, mengambil foto selfie dari atas, memegang kedua pipi yang memperagakan bahwa dia imut, sampai gaya foto lompat bersamaan lalu gaya kaki ditekuk dan berbagai macam gaya lainnya. Gaya-gaya seperti itu dulunya sempat menjadi kesenangan para remaja ketika berfoto terutama pada anak perempuan.

Ada beberapa sumber juga yang mengatakan bahwa zaman sekarang adalah zamannya sosial media, dimana para anak muda saling bersaing untuk menonjolkan diri. Salah satunya adalah melalui foto dirimu ataupun beramai-ramai bersama teman-teman. Semakin “kekinian” foto kita, maka semakin gaul dan semakin banyak likes di sosial media kita.

Bahkan tren foto candid (foto tanpa disengaja), seperti pura-pura ngobrol dan ketawa satu sama lainpum tak luput dari tren foto masa kini. Foto bak model papan atas yang sedang berada di runway, bergaya dengan suasana yang aesthetic seperti tumblr, bahkan selfie dalam ruang ganti di toko baju dan masih banyak lagi.

Jadi apa saja gayamu dalam berfoto dan bagaimana kamu mengekspresikan dirimu dalam berfoto? Yuk kita kembangkan kreasi untuk mengekspresikan diri kita, tetapi jangan terlalu menonjol dan berikan lah hal yang positif. Tidak ada salahnya kita bisa bergaya dalam ekspresi.

(Redaktur Tulisan: Viona Matullessya)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto : Google.com

MEDIA SOSIAL : LADANG PAHALA ATAU SEKADAR POPULARITAS

Saat popularitas mengalahkan kualitas, dimana letak peran media sosial ? Gawai (gadget) dan media sosial ibarat kembar siam yang terlahir dari dunia maya. Media sosial, nama yang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *