Home / Berita / Menjadi Pahlawan Dengan Berdonor Darah

Menjadi Pahlawan Dengan Berdonor Darah

Clara Lusiana Pangaribuan

Pijar, Medan. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada 10 November, Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan Kegiatan Donor Darah Bersama Palang Merah Indonesia (PMI), Kamis, (09/11). Kegiatan ini dimulai pukul 13.00 WIB di Rumah Sakit Umum USU.

Kegiatan yang bertemakan “Share Blood, Give a Hope” ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa untuk memiliki kepedulian terhadap sesama, mendorong mahasiswa menjadi pahlawan dengan cara mendonorkan darahnya, serta memperkenalkan yayasan Karya Salemba Empat kepada masyarakat. Peserta dalam kegiatan ini bukanlah mahasiwa semata, melainkan juga para pegawai dan masyarakat umum.

Rangkaian kegiatan ini meliputi pembukaan, penyuluhan, pendonoran darah, dan penutupan. Penyuluhan dilakukan untuk mengisi waktu sembari menunggu giliran bagi tiap peserta untuk mendonorkan darahnya. Materi yang disampaikan dalam penyuluhan tentang beragam manfaat dari mendonorkan darah oleh dr. Dewi Indah Sari Siregar, Sp.PK, dan sekilas informasi tentang yayasan KSE oleh Kepala Pengurus Paguyuban KSE USU. Selain itu, untuk menghibur para peserta beragam tayangan video motivasi tekait kepahlawanan juga disuguhkan. Hal ini turut membuat para peserta tetap antusias hingga akhir acara.

Direktur Diklat Penelitian dan Kerjasama RS USU, dr. Sake Julia Martina, Sp.FK, sangat mengapresiasi Paguyuban KSE yang telah melakukan kegiatan ini dikarenakan Rumah Sakit USU yang memang sangat membutuhkannya.

“Terus terang karena Rumah Sakit USU saat ini sudah banyak melayani pasien terutama pasien-pasien yang membutuhkan darah seperti pasien Talasemia, Hemodialisa, dan juga tindakan-tindakan operasi yang terkadang pada saat operasi itu tiba-tiba membutuhkan darah,” kata dr. Sake.

Pantia penyelenggara berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif, menimbulkan kesadaran untuk membagikan darah bagi orang-orang yang membutuhkan. “Diadakannya kegiatan ini kiranya dapat menimbulkan jiwa kepahlawanan dan juga sikap perduli terhadap orang lain yakni yang membutuhkan darah,” kata Devid Suwanto selaku Ketua Community Dedication Divition (CDD),

Redaktur Tulisan: Maya Andani

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

mediapijar.com

Talkshow Jurnalistik: Siapapun Bisa Jadi Jurnalis

Lembaga Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan Talkshow Jurnalistik, Sabtu (18/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *