Home / Olahraga / Nunchaku: Olahraga Beladiri Asal Jepang

Nunchaku: Olahraga Beladiri Asal Jepang

Sumber gambar : twitter.com/inc_medan

Nadia Lumongga Nasution

Pijar, Medan. Ada banyak cabang olahraga beladiri. Namun jika ditanya apa saja yang kita ketahui, tentu banyak dari sobat Pijar akan menjawab Taekwondo, Silat dan Karate. Kalau Nuncaku, ada yang tahu?

Nunchaku adalah senjata yang berupa dua batang kayu yang dihubungkan dengan rantai atau tali. Sebagian orang Indonesia juga menyebut senjata ini dengan nama Ruyung. Mungkin memang terdengar asing bagi banyak kalangan. Namun kalau sobat Pijar merupakan penggamar tokoh beladiri Bruce Lee, tentu mengetahui alat beladiri satu ini.

Nunchaku memiliki daya hancur kuat. Ini membuat nunchaku dianggap sebagai alternatif senjata yang cukup mematikan. Telebih bentuknya yang relatif simple dan kecil sehigga mudah untuk disembunyikan. Senjata ini dinilai sebagai senjata favorit namun juga berbahaya. Tidak sedikit negara yang menganggap nunchaku adalah senjata illegal, seperti Singapura, Kanada, dan beberapa negara lain di Amerika Serikat.

Tapi kalau kamu tertarik pada olahraga beladiri yang berasal dari Jepang ini, kamu tidak perlu khawatir. Kota Medan memiliki Komunitas Nunchaku yang bernama ‘Indonesia Nunchaku Club (INC) Medan’. Komunitas INC Medan ini merupakan bagian dari induk Komunitas INC yang berpusat di Jakarta.

Komunitas satu ini sudah berjalan sejak tahun 2011 dengan anggota yang terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai masyarakat umum baik laki-laki maupun perempuan menyenangi olahraga beladiri ini.

INC Medan melakukan latihan setiap sore Minggu di Taman Biro Rektor USU. Untuk bergabung di klub ini juga mudah, hanya dengan datang pada saat jadwal latihan INC Medan. Jika kamu tidak memiliki nunchaku tidak perlu takut, karena klub ini akan menerima kamu dengan hangat.

Dengan berlatih Nunchaku, kita juga akan merasakan berbagai manfaat. Seperti yang dikatakan Buci, salah satu anggota INC Medan, “Dengan berlatih nunchaku, badan kita menjadi sehat dan dapat menghidupkan otak kanan dan kiri.” Tak hanya kedua manfaat yang sudah disebutkan, berlatih Nunchaku dapat melatih kekuatan otot lengan, skill ketahanan tubuh meningkat, dan pertahanan diri dari musuh.

( Redaktur Tulisan : Maya Andani )

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

(Sumber foto: 
http://cdn1-a.production.images.static6.com/f5Vsqgai6CaIhcUx3XYACDIuJYU=/673x373/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/thumbnails/1701108/original/079080500_1504619516-2-gol-egy-maulana-buka-kemenangan-timnas-u-19-di-piala-aff-u-18-5f2a9d.jpg)

Dua Gol dari Anak Medan, Bungkam Myanmar

Usaha Myanmar untuk mencoba menahan imbang timnas Indonesia sirna ketika gol kedua dari Egy Maulana pada menit

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *