Home / Berita / Diskusi Publik Bersama Lembaga Political Enterpreneurship, Uji Kekritisan Mahasiswa
Sumber : Panitia Acara
Sumber : Panitia Acara

Diskusi Publik Bersama Lembaga Political Enterpreneurship, Uji Kekritisan Mahasiswa

Novi Handayani

Pijar, Medan. Lembaga Political Enterpreneurship mengadakan acara Diskusi Publik mengenai “Pemaparan Polling Kinerja 3 Tahun Jokowi-Jusuf Kalla”, Kamis (21/12). Acara ini digelar di Kafe Potret, Jalan Wahid Hasyim No. 90.

Acara ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Departemen Ilmu Politik USU, Penanggung Jawab Lembaga, Ketua Divisi Litbang Lembaga, Ketua Panitia, dan Ketua Lembaga sendiri. Kemudian masuk ke acara pemaparan hasil polling yang disampaikan oleh Daffa Riyadh Aziz (Ketua Lembaga Political Enterpreneurship). Dan acara yang terakhir yaitu diskusi publik mengenai proses kinerja Jokowi-Jusuf Kalla yang disampaikan oleh pemateri hebat, yaitu Warjio Ph.D (Ketua Departemen Ilmu Politik USU), serta 2 orang Dosen dari Departemen Politik USU, yaitu Bimbi Hidayat S.Sos, M.A. dan Fernanda Putra Adela S.Sos, M.A.

Sebelumnya, tim dari Lembaga Political Enterpreneurship ini melakukan polling terkait kinerja masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Mereka memecah tim sebanyak lima kelompok, yang mana dilakukan penyebaran kuesioner ke 15 universitas yang ada di Kota Medan, di antaranya Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Medan Area (UMA), Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas HKBP NOMENSEN, Universitas Panca Budi, Universitas Dharma Agung, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Universitas Sari Mutiara (USM), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Al-Washliyah, Universitas Tjut Nyak Dhien, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universita Dharmawangsa, dan Universitas Prima Indonesia (Unpri).

Polling ini dilakukan karena ingin melihat kondisi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla selama tiga tahun belakangan. Ini juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana tanggapan kalangan mahasiswa terhadap kinerja pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla berkaitan dengan apa yang sudah mereka lakukan selama tiga tahun menjabat. Kegiatan penyebaran kuesioner ini dilakukan selama enam hari, serta dibutuhkan waktu 20 hari untuk mengolah kuesioner ke format data statistik dan deskriptif.

Polling yang telah dilakukan oleh Lembaga Political Enterpreneurship ini, menunujukkan 600 responden melakukan pengisian polling dari 15 universitas yang telah disebutkan. Hasil akhir dari polling ini membuktikan bahwa banyak responden menyatakan mereka cukup puas dengan kinerja Jokowi-Jusuf Kalla selama 3 tahun menjabat.

“Jokowi-Jusuf Kalla hendaknya merespon terhadap pandangan masyarakat terhadap cara kepemimpinan keduanya. Apalagi desas-desusnya Jokowi mau naik lagi, hendaknya penelitian ini bisa menjadikan momen dimana Jokowi agar bisa melakukan perbaikan kedepannya. Terlebih lagi sekarang mahasiswa mempunyai daya kritis yang cukup tinggi, walaupun mungkin pasti ada beberapa yang tidak tahu mengenai isu-isu pemerintahan yang terselesaikan,” ungkap Warjio Ph. D selaku Pemateri dalam diskusi publik ini.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber : Dokumentasi Panitia

UKMI Ar-Rahman Unimed Ajak Mahasiswa Islam Menjadi Generasi Emas Selanjutnya

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar-Rahman Universitas Negeri Medan dengan bangga mempersembahkan acara tahunan mereka yang bertajuk Open House UKMI Ar-Rahman Unimed 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *