Home / Olahraga / Liga Mahasiswa 2017 : Olahraga Tak Hanya Sekedar Fisik

Liga Mahasiswa 2017 : Olahraga Tak Hanya Sekedar Fisik

Sumber gambar : Instagram @LigaMahasiswa

Tesayunidia Tebe

Pijar, Medan. Liga Mahasiswa 2017 kembali digelar pada 15 November – 24 November di Jakarta. Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui sejarah tentang liga Mahasiswa ini, Lima sapaan akrabnya  merupakan organisasi privat yang didirikan pada 15 Mei 2012. Liga mahasiswa memiliki maksud dan tujuan untuk menciptakan wadah yang mampu menjadi tempat berkarya bagi para mahasiswa/i di Indonesia di bidang olahraga. Dalam pertandingan ini cabang olahraga yang diperlombakan adalah bola basket, futsal, sepak bola, bulu tangkis, renang dan golf.

Untuk mengikuti perlombaan terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti tiga pilar liga mahasiswa yaitu AthleticsmEducation, dan Social Responsbility. Dari ketiga pilar ini diharapkan peserta menjunjung nilai sportivitas antar peserta. Peserta dituntut tidak hanya kuat secara fisik namun secara akademis juga, hal itu terbukti dengan salah satu persyaratan mengikuti lomba adalah peserta harus memiliki Indeks Prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,5 dan yang terakhir peserta diharapkan memiliki rasa empati dan simpati terhadap lingkungan sekitar melalui kegiatan aksi sosial yang dilaksanakan.

Pertandingan liga mahasiswa tidak diperuntukan bagi universitas negeri saja, namun semua universitas baik negeri dan swasta dapat mengikuti kegiatan perlombaan ini. Tahun ini, LIMA diikuti oleh Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Surabaya dan masih banyak lagi.

Dalam pertandingan sepak bola yang diikuti tujuh universitas seluruh Indonesia, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menempati peringkat pertama dengan kemenangan sebanyak 6 kali dari 6 laga yang dilakoni tanpa pernah kebobolan. Sedangkan dalam pertandingan basket Men’s Nationals, Universitas Pelita Harapan (UPH) Banten memperoleh peringkat pertama dengan meraih 2 kali kemenangan yang sempurna dalam 2 laga yang dilakukan. Dalam pertandingan kali ini Liga Mahasiwa juga memberikan penghargaan bagi peserta. Tak hanya penghargaan yang sering kita dengar seperti Top scorers, Top Rebund, Most Valuable Player, namun Liga Mahasiswa juga memberikan penghargaan AII Academis Player terhadap salah satu peserta yang berasal dari Universitas Islam Indonesia (UII) dengan IPK 3.74. Hal ini dikarenakan Education termasuk salah satu pilar Liga Mahasiswa.

Menurut salah satu peserta Liga Mahasiswa yang berasal dari Universitas Trisakti cabang olahraga sepak bola dengan nomor punggung 16 yang bernama Rizky Satrio Putra Sunjaya (20) yang akrab disapa Ekky, ia mengikuti LIMA karena ingin menambah pengalaman di bidang sepak bola tentunya untuk berkompetisi dengan universitas lain “Pendapat saya tentang LIMA sungguh menyenangkan selain bisa berkompetisi dengan tim-tim dari universitas lain juga bisa sebagai wadah mengukur kemampuan kita sendiri serta mengembangkan nilai sportivitas,” ucapnya. Walaupun timnya kurang beruntung di tahun ini, ekky yang menyumbang 2 gol pada pertandingan lalu tidak patah semangat untuk tetap mengikuti Liga Mahasiswa tahun depan.

Harapan Ekky sebagai peserta agar kedepannya universitas yang ikut semakin bertambah dari tahun ini dan bagi panitia agar bisa mengevaluasi anggota kepanitiaan agar lebih baik lagi kedepannya. Sampai jumpa di Liga Mahasiwa tahun depan!

(Redaktur Tulisan: Nadia Lumongga Nasution)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber Foto : tempo.co

ASEAN Autism Games Berlangsung Dua Hari di Indonesia  

Indonesia di tahun 2018 menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga akbar se-asia seperti Asia Games 2018 dan Asia Para Games 2018. Tahun ini juga Indonesia turut menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga persahabatan se-Asia Tenggara yaitu Asean Autism Games (AAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *