Home / Berita / Salurkan Imajinasi Anak-Anak Melalui Indonesia Mendongeng
mediapijar.com

Salurkan Imajinasi Anak-Anak Melalui Indonesia Mendongeng

Ahmad Syah G Ramadhan/Lucky Andriansyah

PIJAR, Medan. Relawan Nusantara Medan bersama Rumah Zakat kembali menyelenggarakan kegiatan Indonesia Mendongeng”. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula FMIPA Universitas Sumatera Utara pada Senin (25/12) tersebut, merupakan acara yang ketiga kalinya diadakan di kota Medan. Saat ini Indonesia Mendongeng mengangkat tema “Indonesia Bersama Palestina”.

Kegiatan Indonesia Mendongeng ini, merupakan acara yang diadakan setiap tahunnya pada tanggal 25 Desember. Hari ini dijadikan sebagai satu hari khusus  bagi anak-anak di Indonesia untuk mendongeng.

“Acara ini diadakan untuk mengedukasi anak-anak, mengisi liburan anak-anak untuk menjadi bermanfaat dan dengan tema yang diangkat ‘Indonesia dan Palestine’ berupaya untuk menimbulkan rasa empati anak-anak untuk membantu saudara-saudara sesama muslim yang sedang terkena musibah,” ujar Rahmad Susanto, ketua panitia kegiatan Indonesia Mendongeng ke-5.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB yang hadiri oleh orang tua dan anak-anak berusia 3-10 tahun yang kurang lebih berjumlah 350 peserta. Rangkaian acara diawali dengan kegiatan senam bersama, dilanjutkan dengan laporan kegiatan, lalu dimeriahkan dengan aksi mendongeng dari tiga pendongeng cilik yang yang telah diseleksi sebelumnya.

Penampilan semakin seru saat Ayah Nanda selaku pendongeng menceritakan dongeng mengenai perebutan kota Yerussalem yang dikemas dengan cerita yang menarik dan tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak sebagai puncak acara.

Suasana Kegiatan Indonesia Mendongeng yang berlangsung di Aula FMIPA pada Senin,(25/12). (Fotografer: Lucky Andriansyah)
Suasana Kegiatan Indonesia Mendongeng yang berlangsung di Aula FMIPA pada Senin,(25/12).
(Fotografer: Lucky Andriansyah)

“Kegiatan ini bagus dan baik untuk menyalurkan hobi anak-anak kita. Saya mengharapkan, mudah-mudahan jangan sampai disini saja. Lanjutlah kegiatan ini supaya imajinasi anak-anak itu dapat tersalurkan,” ucap Ainun Mardiah Harahap, S.Pdi, Kepala Sekolah SDN 060857 salah seorang peserta dalam kegiatan ini.

Acara ini diakhiri dengan pembagian door prize, cendera mata untuk pengisi acara dan aksi pengumpulan dana untuk warga Palestina. Dimana nantinya donasi yang diberikan akan disalurkan langsung melalui Rumah Zakat.

“Bukan cuma kita saja komunitas komunitas di Medan.  Selain Relawan Nusantara, diharapkan komunitas lain bisa mengadakan ini juga dan media-media juga lebih semangat lagi untuk mendukung kegiatan seperti ini,” sambung Rahmad saat ditanyai mengenai harapan.

Sebagai informasi, Relawan Nusantara Medan merupakan suatu komunitas bertaraf Nasional berpusatkan di kota Bandung. Komunitas ini merupakan lembaga yang dibentuk oleh Rumah Zakat. Indonesia Mendongeng ini sendiri pertama kali di adakan di Solo, Bandung, Jakarta dan berbagai kota lainnya di pulau Jawa. Hingga akhirnya diadakan di berbagai cabang cabang kota di seluruh Indonesia termasuk Medan yang sudah melakukannya semenjak tiga tahun silam.

(Redaktur Tulisan: Viona Matullessya)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

mediapijar.com

Ergiah-giah Ndeskati, Menguatkan Silaturahmi dan Semangat Keislaman

Meski udara begitu dingin, jumlah masyarakat yang mendatangi acara "Ergiah-giah Ndeskati" semakin banyak jelang dimulainya acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *