Home / Lifestyle / Sekolah di Alam Raya?
Fotografer : Dita Andriani
Fotografer : Dita Andriani

Sekolah di Alam Raya?

Siti Halimah

Pijar, Medan. Sekolah Alam Medan Raya, apa yang terlintas di benak Anda mendengar tempat ini? Sekolah di Alam? atau Sekolah dengan mempelajari alam? Ini adalah sebuah sekolah dengan konsep alam di Kota Medan. Sekolah unik ini letaknya di pinggiran kota Medan, jauh dari hiruk pikuk suara kendaraan bermotor.

Sejuk dan juga nyaman adalah suasana yang disediakan bagi murid untuk belajar. Jika sekolah pada umumnya memiliki tembok – tembok pesekat dan berjulang tinggi, sangat berbeda dengan sekolah yang satu ini, Alam Medan Raya hanya memiliki tiga pendopo tempat para murid belajar tanpa dihalangi sekat. Halaman yang sangat luas, sawah di sekitar sekolah, memperkuat konsep sekolah ini, yakni menggunakan alam sebagai sumber belajar (belajar bersama alam).

Adalah Ila, pendiri sekolah berkonsep alam ini. Ila mengenal konsep sekolah alam ini pada tahun 2006, dengan mengikuti pelatihan-pelatihan di Jawa bersama suami. Sekolah ini dibangun pada tahun 2007, dengan lahan yang digunakan saat itu masih meminjam – minjam. Sebelumnya sekolah ini terletak di Tanjung Anom, dan saat ini terletak di Jalan aman Abadi, Dusun II Tuntungan I, Kecamatan Pancur Batu.

“Visi Sekolah Alam Medan Raya (adalah) mampu menciptakan anak yang mandiri, berprestasi dan peduli. Anak – anak secara teori saat di beri ruang untuk bereksplorasi, pasti kemampuan lebih meningkat, dan anak – anak menjadi lebih arif terhadap alam, dan mampu memimpin dirinya dan orang lain,” tutur Ila.

Sekolah alam Medan raya  memiliki 24 murid yang berbeda – beda tingkatannya, terdapat juga anak yang berkebutuhan khusus dan tidak dibedakan dengan murid lainnya, murid – murid di ajarkan bagaimana perduli dengan teman-temanya. Pembelajaran di sini mengajarkan bagaimana agar para murid memahami apa yang diajarkan, saat ujian murid– murid tidak dibuat takut, tapi dibuat bagaimana senyaman mungkin dalam menjalankan ujian. Ujian ditanamkan  sebagai evaluasi untuk mengetahui sebatas mana para murid memahami pelajaran.

Antusias anak saat belajar di sekolah Alam Medan Raya (fotografer : Dita Andriani)
Antusias anak saat belajar di sekolah Alam Medan Raya (fotografer : Dita Andriani)

Metode pembelajaran sekolah ini sama seperti kebanyakan sekolah pada umumnya, yang membuat sekolah ini berbeda dengan sekolah lainya sekolah ini menanamkan para muridnya berakhlak dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang mampu memimpin dirinya  dan orang sekitarnya.

Terdapat beberapa pelajaran yang berbeda dari sekolah pada umumnya. Kegiatan mengelola alam dengan baik misalnya, para murid diajarkan bagaimana menanam padi, menanam sayuran, bunga – bunga yang turut digunakan untuk mempercantik sekolah mereka.

Hal unik lainya, jika biasanya murid di sekolah ketika belajar mengenal binatang, biasanya guru pasti terlebih dahulu memberitahukan kepada murid morfologi cacing lewat gambar dari buku. Berbeda dengan sekolah alam ini, murid di suruh mencari di mana tempat cacing berada, bersama fasilitator (guru) mereka, hal ini tentunya membuat murid lebih mengenal yang mereka pelajari.

Hingga saat ini Sekolah Alam Medan raya ini, sudah meluluskan tiga angkatan. Meski sekolah ini tidak mengantongi daftar sekolah dalam kementerian pendidikan, namun para murid mengikuti ujian paketan, untuk paket A itu empat angkatan, dan paket B dua angkatan.

(Redaktur Tulisan: Viona Matullessya)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: freepik.com

Budaya Hangout, Mengapa Kopi Membuat Kita Menjadi Candu?

Kebiasaan anak muda saat ini dengan gaya hidup hangout membuat para pebisnis memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka kafe-kafe yang di fasilitasi dengan Wi-Fi gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *