Home / Berita / Runtung Optimis USU Akan Menjadi PTN-BH Terbaik

Runtung Optimis USU Akan Menjadi PTN-BH Terbaik

Grace Kolin

Pijar, Medan. Pasca lima sesi sidang pleno, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2018 akhirnya resmi ditutup di Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu malam (17/01). Menristekdikti, Muhammad Nasir menyerahkan plakat dan cinderamata kepada Rektor USU sebagai bentuk penghargaan untuk USU yang telah menjadi tuan rumah rakernas.

Selain gala dinner, malam penutupan ini juga menjadi ajang untuk megumumkan penghargaan kategori Satuan Kerja (Satker) Terbaik, Perguruan Tinggi Negeri (PTN)–Badan Layanan Umum (BLU) Terbaik, PTN–Badan Hukum (BH) Terbaik, dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Terbaik pada 2017. Pengumuman dibacakan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenristekdikti, Ainun Na’im di atas podium dengan sejumlah pertimbangan aspek penilaian untuk setiap kategori.

Aspek penilaian itu di antaranya, tingkat kepatuhan pelaporan perjanjian kinerja, capaian fisik output dan capaian realisasi anggaran, deviasi fisik dan anggaran, dan kepatuhan pelaporan UKT (dalam Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi (SIMonev)).

Terkhusus untuk PTN-BH sendiri, aspek penilaian ditambah dengan capaian fisik tunjangan dan realisasi tunjangan dari APBN; kepatuhan pelaporan dana non APBN serta capaian realiasi Biaya Pendidikan (BP) PTN-BH yang bersangkutan.

PTN Satker Terbaik jatuh pada Universitas Negeri Makassar, Universitas Tidar, dan Politeknik Negeri Jember. Untuk kategori PTN-BLU Terbaik diperoleh tiga universitas negeri, antara lain Universitas Halu Oleo, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Malang.

 Para pemimpin perguruan tinggi yang menerima penghargaan PTN Satker Terbaik, PTN-BLU Terbaik, PTN-BH Terbaik, Kopertis Terbaik tahun 2017 berfoto bersama Menristekdikti (tengah, tanpa memegang piagam), Sekjen Menristekdikti (paling kiri) dan Rektor USU (paling kanan) di Gedung Pancasila USU, Rabu (17/1). (Fotografer: Grace Kolin)

Para pemimpin perguruan tinggi yang menerima penghargaan PTN Satker Terbaik, PTN-BLU Terbaik, PTN-BH Terbaik, Kopertis Terbaik tahun 2017 berfoto bersama Menristekdikti (tengah, tanpa memegang piagam), Sekjen Menristekdikti (paling kiri) dan Rektor USU (paling kanan) di Gedung Pancasila USU, Rabu (17/1).
(Fotografer: Grace Kolin)

IPB dan ITB meraih penghargaan PTN-BH Terbaik. Sementara itu, untuk kategori Kopertis Terbaik jatuh pada Kopertis Wilayah III Jakarta dan Kopertis Wilayah VI Semarang. Pimpinan perguruan tinggi yang memenangkan penghargaan dipersilahkan naik ke atas podium untuk menerima piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menristekdikti.

Sebagai PTN tuan rumah, USU belum membawa pulang penghargaan sebagai PTN-BH Terbaik tahun 2017. Akan tetapi, Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH., M. Hum optimis, USU bisa memperoleh penghargaan tersebut di Rakernas Menristekdikti RI yang akan datang.

“Ya tentu, cita-cita kita menjadi PTN-BH terbaik. Oleh karena itu tentu kita semua bekerja keras untuk mencapai apa yang kita harapkan. Terutama, semua energi kita gunakan untuk mendorong USU itu menjadi akreditasi A pada tahun 2018 ini. Dokumen sudah dimasukkan, tinggal menunggu asesor melakukan visitasi,” pungkas Runtung.

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber : Dokumenasi Panitia

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP USU Ajak Pelajar Melek Media Sosial

Pijar, Medan. Dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen-dosen Ilmu Komunikasi USU mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang literasi media. Pengabdian diinisiasi oleh Dra. Fatma Wardy Lubis, M.A, Dra. Mazdalifah, M.Si., Ph.D dan Yovita Sabarina Sitepu, S.Sos., M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *