Home / Berita / Generasi Cakrawala Forum Indonesia Muda, Satu Warna untuk Anak Cakrawala

Generasi Cakrawala Forum Indonesia Muda, Satu Warna untuk Anak Cakrawala

Sumber : Dokumentasi FIM

Intan Sari

PIJAR, Medan. Pagi itu udara terasa begitu sejuk. Angin berhembus lembut menyapa kulit. Hangatnya mentari pagi membakar semangat  31 orang pemuda-pemudi Sumatera Utara. Generasi Cakrawala (GenCar) sebutannya.

Sabtu, (24/02) para GenCar yang tergabung dalam Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Sumatera Utara (SUMUT) mengadakan kegiatan dalam bentuk pengabdian masyarakat di desa Perbaji Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo.

Kegiatan yang mengambil tema, “Satu Warna untuk Anak Cakrawala” ini pun berlangsung ceria dan cukup diminati anak-anak di desa Perbaji, tepatnya di radius 4.5 meter dari lingkar Gunung Sinabung. Tema tersebut diangkat, sesuai dengan bentuk kegiatan yang dilakukan GenCar yaitu membangun dan mewarnai/mengecat  rumah belajar anak cakrawala dengan ragam warna-warna ceria.

Selain itu, ada makna filosofis di balik tema satu warna ini, seperti yang diungkapkan oleh Surya Darma selaku Koordinator Program dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di FIM Sumut.

“Satu warna filosofisnya, kita ingin masyarakat desa perbaji solid dan mampu bergotong royong dalam membangun dan menyelesaikan persoalan di desa tersebut. Termasuk pada saat erupsi datang, ” ujar Surya.

Foto bersama relawan GenCar dan anak-anak desa Perbaji, Kabupaten Karo Fotografer : Intan Sari
Foto bersama relawan GenCar dan anak-anak desa Perbaji, Kabupaten Karo
Fotografer : Dokumentasi FIM

Acara yang berlangsung selama dua hari ini mendapat sambutan dan antusiasme, baik dari masyarakat desa, khususnya anak-anak desa Perbaji. Hal itu terlihat jelas dari raut wajah sumringah mereka  selama kegiatan ini berlangsung. Selain itu, tak seorang pun dari anak-anak yang mengeluh lelah mengikuti serangkaian kegiatan yang dibentuk oleh para GenCar.

Adapun rangkaian acara dari kegiatan pengabdian ini adalah silatuhrami bersama warga desa Perbaji, mengajarkan hidup sehat sejak dini (Hiseni), membangun kembali rumah belajar cakrawala, membaca buku bersama anak-anak desa, nonton bareng di malam hari, dilanjutkan di hari kedua yaitu kreativitas, dimana anak-anak desa diajarkan membuat celengan siap pakai dari barang-barang daur ulang dan sebelum penutupan anak-anak diajak bermain permainan tradisional.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangun mimpi anak-anak desa perbaji, dimana mereka ingin desa mereka punya perpustakaan desa yang baik dengan buku dan rumah belajar yang layak. Selain itu dengan dibangunnya rumah belajar desa cakrawala ini diharapkan mampu menularkan semangat literasi yang tinggi terhadap masyarakat, khususnya anak-anak desa perbaji

“Harapan kedepannya kegiatan ini mampu berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi psikologis anak-anak dan semangat mereka untuk terus berpendidikan dalam kondisi apapun,” tutur Surya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan lanjutan pasca pelatihan Generasi Cakrawala Adventure yang sudah dilakukan satu bulan sebelumnya. Persiapan selama satu bulan yang dilakukan oleh panitia membuahkan hasil yang baik. Rumah belajar cakrawala desa perbaji terlihat cantik dengan warna-warni cat dinding dan ragam hiasan yang dihasilkan oleh tangan-tangan kreatif para GenCar.

(Redaktur Tulisan: Viona Matullessya)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Hidayat Sikumbang

Penulis Novel Egosentris Ajarkan Cara Bijak Bersosial Media

Pijar, Medan. Innovastory bekerja sama dengan Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan mengadakan gelar wicara inspiratif pada Sabtu, (15/12) di Aula Prof. Dr. Syawal Gultom M. Pd Universitas Negeri Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *