Home / Berita / Seminar dan Gathering, Persma Sajikan Berita Berkualitas Bukan Hoax
mediapijar.com

Seminar dan Gathering, Persma Sajikan Berita Berkualitas Bukan Hoax

Star Munthe/Yoga Kashogi

Pijar, Medan. Keberadaan Pers Mahasiswa sangatlah penting sebagai ujung tombak untuk menyediakan informasi bagi masyarakat kampus. Pers mahasiswa adalah platform bagi mahasiswa untuk belajar menjadi jurnalis muda dan siap terjun dalam dunia jurnalistik yang profesional. Terlebih era yang semakin maju, dimana media sosial memiliki kekuatan tersendiri dalam penyampaian informasi menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah Pers Mahasiswa.

Kepentingan demi kepentingan lahir di beberapa media. Tak hanya media di luar kampus, kini isu-isu mulai menguat bahwa keberpihakan Pers Mahasiswa memberikan dampak negatif pada kualitas informasi yang disajikan. Oleh sebab itu, Pers Mahasiswa PIJAR bekerjasama dengan Alfamidi memprakarsai sebuah acara bertajuk Seminar dan Gathering dengan tema Trend Retail dan Tantangan Pers “Zaman Now” dalam rangka Hari Pers Nasional 2018.

Acara ini dihadiri oleh berbagai Pers Mahasiswa yang ada di Kota Medan, untuk mendapat pembekalan ilmu dan wawasan mengenai perkembangan dan tantangan pers di era Milineal. Pers Mahasiswa yang terlibat dalam acara ini adalah Teropong (UMSU), CREATIVE (Unimed), LPM Dinamika (UINSU), FMI, dan Pewarta Foto Indonesia. Seminar dan Gathering ini diisi oleh pemateri yang profesional yaitu Rudy Irwansyah dari Alfamidi, Domuara Ambarita dan Liston Damanik dari Tribun Medan, serta Muhammad Abrar dari Salam TV.

Pembicara dari Koran Tribun Medan sedang memberi materi dalam rangka Hari Pers Nasional Di ruang Sidang FISIP USU Medan (23/2). (Fotografer : Rere Reviansyah)
Pembicara dari Koran Tribun Medan sedang memberi materi dalam rangka Hari Pers Nasional Di ruang Sidang FISIP USU Medan (23/2).
(Fotografer : Rere Reviansyah)

Seminar & Gathering yang berlangsung pada Jumat, 23 Februari 2018 dibuka oleh kata sambutan dari Ketua Persma PIJAR, Lucky Andriansyah. Lalu dilanjut oleh pemateri pertama, Rudy Irwansyah yang memperkenalkan Industri Retail dan menjelaskan kiat-kiat dalam Media Pers.

Kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua, Domuara Ambarita bersama dengan Liston Damanik membawa awak pers menjelajah lebih dalam mengenai Dunia pers.  Domuara juga menjelsakan secara terperinci tantangan-tantangan yang dihadapi Media Pers. “Media sosial itu kejam, hati-hatilah dalam bermedia sosial, karena banyak perusahaan sampai media pers telah bangkrut dikarenakan media sosial,” sebut Domuara.

Namun, Media sosial tidak selamanya berbahaya. Kekuatan media sosial apabila diimbangi dengan niat baik penggunanya, maka akan memberikan dampak positif. Domuara menambahkan, “Kami, Kompas Group telah banyak menelusuri permasalahan sosial dan dengan memviralkannya, maka kami mengajak banyak orang berdonasi untuk memberikan bantuan.”

Kemudian, Muhamad Abrar dari Salam TV melanjutkan estafet pemateri untuk memberikan wawasan kepada awak persma yang hadir. Abrar menjelaskan tentang bagaimana tumbuh dan berkembangnya pers dalam dunia pertelevisian. “Sebagai media massa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, televisi harus selektif dalam menyajikan berita, guna menghindari hoax yang mampu merugikan kedua belah pihak,” sebut Abrar.

Hoax ibarat racun dalam tubuh media berita manapun. Walau berstatus sebagai racun, hoax juga kadang menguntungkan beberapa pihak. Namun, hoax adalah kejahatan. Pers Mahasiswa sebagai media kampus harus menjadi dasar bagi mahasiswa untuk menghindari, menolak, membungkam, dan memilah  berita Hoax.

Seminar dan Gathering ini disambut baik oleh salah satu peserta dalam kegiatan ini. “Acara ini sangat bagus, apalagi yang diundang itu seluruh Persma yang ada di Kota Medan. Selain ajang silaturahmi, juga baik karena saya anak jurusan ilmu komunikasi, jadi acara ini sangat bermutu,” sebut Iren, salah satu anggota Pers Mahasiswa yang turut hadir dalam acara ini.

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

image1 (2)

Ramadhan Fair 2018 Resmi Dibuka, Tengku Erry Singgung Calon Gubernur Baru.

Pijar, Medan. Beduk resmi dipukul, pertanda bahwa telah dibukanya acara tahunan yang berlangsung secara 15 kali berturut-turut di Kota Medan, yakni Ramadhan Fair 2018 pada Sabtu, (19/05) malam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *