Home / Hiburan / Buku / Serial SUPERNOVA 1: KPBJ, Kisah Cita dan Cinta yang Dibalut Unsur Ilmiah

Serial SUPERNOVA 1: KPBJ, Kisah Cita dan Cinta yang Dibalut Unsur Ilmiah

Novel Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh merupakan serial pertama dari rangkaisan 3 SUPERNOVA karya Dee Lestari. (Sumber gambar : Laura Arya Wienanta)

Laura Arya Wienanta, Regina Sitohang

“Ksatria melihat seorang Putri bungsu dari kerajaan bidadari. Ia jatuh cinta kepada Sang Putri dan ingin mendapatkannya. Namun, apalah daya sang Ksatria, Sang Putri naik ke langit. Ksatria mencoba segala cara untuk dapat terbang dan mencapai  Putri tetapi ia tetap tidak bisa menggapainya. Ksatria akhirnya putus asa, saat itu ia melihat Bintang Jatuh dan memintanya untuk membawa dirinya terbang. Bintang Jatuh membawa Ksatria melesat, karena terlalu cepat ia melewatkan Sang Putri. Ksatria mengatakan berhenti pada Bintang Jatuh dan ia melepasakan genggamannya untuk dapat mencapai sang Putri. Namun, ia malah jatuh ke bumi dan tercerai berai. Lantas, Sang Bintang Jatuh datang dan mendapatkan Sang Putri.”

Sebuah janji lahir dari sebuah badai serotonin buatan pasangan mahasiswa gay. Mereka yang menuntut ilmu sampai negeri Paman Sam dan tidak merasakan diferensiasi sosial yang nyata terlihat diantara mereka berdua. Reuben dan Dimas mengikat janji pada malam terakhir mereka.

Sepuluh tahun, mereka sekarang duduk berhadapan. Saling melontarkan pendapat mereka untuk membuat satu masterpiece yang pernah mereka janjikan. Kisah Ksatria, Putri dan Bintang jatuh, inilah yang terpikir oleh pasangan kekasih ini.

Re dan Rana diilustrasikan sebagai ksatria dan putri dikehidupan nyata. Namun, mereka tidak menjalin cinta suci melainkan cinta terlarang. Mereka melakukannya tanpa ada yang mengetahui, kecuali Tuhan. Sampai pada akhirnya, waktu dan kesetiaan menuntun Rana untuk kembali kepada kenyataan dan belajar untuk mencintai suaminya, Arwin. Arwin yang merupakan sosok suami yang berjiwa besar, merelakan Rana demi kebahagiaannya. Di sisi lain ada seorang model cantik, Diva, yang diilustrasikan sebagai sosok Bintang Jatuh.

Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh merupakan sekuel pertama dari seri Supernova karya Dewi Dee Lestari. Novel pertama yang berisikan kisah cita-cita dan cinta yang dibungkus dalam karya fiksi yang mengandung unsur ilmiah dan sains . Berbeda dengan novel lainnya, Dee merangkai alur cerita yang mengejutkan dengan gaya bahasanya yang tinggi dan berhasil membuat para pembaca untuk berpikir keras agar dapat memahami jalan cerita dan memuaskan rasa penasaran para pembacanya.

Unsur ilmiah dan sains yang terdapat dalam novel ini dapat menambah wawasan dan pola pikir baru untuk pembaca dengan cara yang tak terduga. Pembaca bahkan berkali-kali dibuat melongo atas kejutan yang di buat Dee. Alur ceritanya yang suka lompat-lompat membuat pembaca harus mengulang dua atau lebih untuk memahami hal apa yang ingin disampaikan oleh Dee.

Walau banyak pembaca yang kesulitan dalam memahami jalan dan maksud cerita, justru inilah daya tarik tersendiri yang membuat siapa saja tak dapat menampik betapa uniknya novel ini. Cerita cita-cita cinta negeri dongeng yang terkadang ada dalam kehidupan nyata menjadi magnet tersendiri bagi para pembaca.

Bagaimana bisa ada cerita di balik suatu cerita?  Karya fiksi di balik suatu karya fiksi? Dan bagaimana bisa seorang Dee menggabungkan cerita cita, cinta, dan sains sekaligus ke dalam suatu kisah? Temukan sendiri jawabannya dalam Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh dan jangan ragu untuk membaca ulang kembali kisah mereka untuk memahaminya.

(Redaktur Tulisan: Viona Matullessya)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: Google

Sweet Talk, Netizen Sumber Inspirasi

Wanita muda berbakat ini pun harus rela melepaskan gitar yang selama ini telah melekat dalam dirinya. Mengingat beberapa lagu sebelumnya Sheryl selalu menggunakan gitar yang menjadi ciri khas dirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *