Home / Berita / Speak Through Photography, Karena Foto Bukan Sekedar Diambil Tapi Dibuat
mediapijar.com

Speak Through Photography, Karena Foto Bukan Sekedar Diambil Tapi Dibuat

Fitriani/Dini Rahmadani

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiawa (UKM) Fotografi Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan Workshop Fotografi dengan tema “Speak Through Photography” di Gedung LPPM USU, Jumat (23/02). Acara ini dilaksanakan selama dua hari, hari pertama workshop yang diisi oleh pemateri yaitu Irfan Maulana dan Ferdy Siregar. Di hari kedua, dilaksanakan kegiatan praktik langsung ke beberapa tempat, seperti Lapangan Merdeka dan tempat-tempat bersejarah yang ada di pusat Kota Medan.

Workshop ini memiliki tujuan tersendiri. “Menjadikan para pemuda tidak hanya tahu tentang teknik pengambilan foto yang bagus, melainkan juga bagaimana membuat sebuah foto tersebut menjadi punya makna dan nilai tersendiri,” ucap Dimas selaku Ketua Panitia Acara saat ditanyai mengenai tujuan acara. Dimas juga berharap setelah acara ini usai peserta mampu mempraktikkan langsung ilmu yang telah didapatkan disini

Acara ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan UKM Fotografi USU, dan juga salah satu rangkaian acara yang harus diikuti oleh peserta yang ingin bergabung dengan UKM tersebut. Dengan tujuan agar peserta yang ingin bergabung mengetahui ilmu dasar tentang fotografi.

Para peserta sangat antusias dengan adanya workshop dan hunting yang dilaksanakan selama dua hari ini. “Acara ini  sangat menarik dan bermanfaat bagi diri saya. Terlebih lagi saya sangat suka fotografi namun tidak tahu bagaimana teknik pengambilan gambarnya, maka saya tertarik ikut workshop ini apalagi tidak hanya dapat materi, kita semua juga langsung dapat praktiknya. Saya juga pengen foto saya jadi lebih cantik-cantik,” ungkap Desi salah satu peserta

Peserta sedang mengikuti workshop UKM Fotografi USU (24/2). (Fotografer : Fitriani)
Peserta sedang mengikuti workshop UKM Fotografi USU (24/2).
(Fotografer : Fitriani)

Tidak hanya mendapatkan materi, pada hari pertama semua peserta juga diberikan bekal dengan berdiskusi bersama Penanggung Jawab (PJ) yang telah dipersiapkan oleh panitia. Supaya mereka mengenal lebih jauh apa itu kamera, agar besoknya semua peserta dapat menggunakan kamera dengan baik dan benar dan mendapatkan hasil foto yang bagus.

Ferdy Siregar selaku pemateri dan juga alumni dari UKM Fotografi ini  berpendapat bahwa  pada era sekarang ini fotografi adalah hal yang sangat penting, baik dalam akademisi, media promo, dan lain sebagainya. Ferdy juga mengungkapkan bahwa untuk mempelajari fotografi itu bukanlah hal yang instan, karena masih banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari tahap-tahap fotografi, pengenalan kamera, hingga pada teknik dan makna pada setiap pengambilan foto. Jadi tidak hanya sekedar mengambil foto asal-asalan, dan hanya sekedar bagus, namun juga mempunyai makna.

“No take a photograph but make a photograph,  foto itu bukan diambil tapi dibuat, karena ada pelajaran yang mampu diambil dari setiap foto tersebut,ungkap Ferdy.

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Hidayat Sikumbang

Penulis Novel Egosentris Ajarkan Cara Bijak Bersosial Media

Pijar, Medan. Innovastory bekerja sama dengan Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan mengadakan gelar wicara inspiratif pada Sabtu, (15/12) di Aula Prof. Dr. Syawal Gultom M. Pd Universitas Negeri Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *