Home / Jalan-Jalan / Bandrek Susu, Rasa Nikmat Khas Rempah-Rempah Nusantara
Fotografer: Kartika Oktarija
Fotografer: Kartika Oktarija

Bandrek Susu, Rasa Nikmat Khas Rempah-Rempah Nusantara

Christian Yosua/Kartika Oktarija Marito

Pijar, Medan. Saat mendengar kata bandrek, apa kesan pertama yang tersirat di pikiran anda? Suasana malam yang dingin? Aroma jahe yang semerbak? Atau minuman yang membakar tenggorokan? Tentu pengalaman setiap orang saat mengonsumsi bandrek berbeda-beda. Ada yang tidak menyukainya dan ada juga yang menikmatinya sampai ketagihan.

Terlepas dari berbagai pengalaman tersebut, minuman khas Indonesia yang satu ini digemari berbagai kalangan, bahkan muda-mudi sekalipun. Berbeda dengan berbagi jenis kopi di kafe-kafe dengan interior modis yang diminati anak muda saat ini, bagi para penikmat Bandrek Susu tempat mewah bukanlah poin utama yang ingin mereka cari. Hanya dengan mengandalkan gerobak dorong dan menyediakan tempat duduk sederhana, penjual bandrek akan diserbu oleh pengunjung yang ingin membeli atau sekedar ingin berkumpul dan bersantai dengan teman untuk menikmati suasana di malam hari.

Minuman ini disajikan dalam sebuah gelas yang cukup besar dan dalam keadaan hangat atau panas. Biasanya bandrek lebih pas apabila dinikmati dengan cemilan, seperti kacang rebus, ubi rebus, jagung rebus, jagung bakar, dan lainnya. Bandrek pada umumnya memang disajikan pada malam hari dikarenakan cuaca dan udara yang dingin, terlebih lagi pada saat musim hujan. Salah satu solusi untuk menghangatkan tubuh dari cuaca dan udara dingin adalah dengan meminum dan menikmati bandrek.

Bahan dasar dari pembuatan Bandrek Susu adalah jahe, gula merah, dan susu kental manis. Masing masing daerah ada yang menambahkan rempah-rempah tersendiri yang menurut mereka dapat memperkuat efek hangat pada tubuh, seperti daun serai, merica, daun pandan, dan telur ayam atau bebek. Dengan bahan yang mudah didapat, proses pembuatannya juga tidak harus repot-repot. Hanya dengan direbus dan setelahnya disaring, bandrek susu siap dinikmati.

Selain bahan dan proses pembuatannya yang mudah, nyatanya bandrek susu pun mempunyai banyak manfaat dan keuntungan untuk tubuh. Karena memiliki kandungan jahe, bandrek dapat menghangatkan suhu tubuh terlebih pada saat cuaca dingin. Ketika ditambah dengan cengkeh, bandrek bisa menjadi obat tradisional untuk meringankan batuk, masuk angin, memperlancar peredaran darah, bahkan mempercantik kulit.

Namun, di balik semua manfaat bandrek tersebut ada hal yang perlu anda waspadai. Untuk anda yang ingin mengurangi berat badan, mengonsumsi bandrek secara rutin tidak dianjurkan. Karena salah satu manfaat bandrek adalah meningkatkan nafsu makan.

Kisaran harga Bandrek Susu juga cukup murah, mula dari delapan ribu sampai  tiga belas ribu rupiah. Dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan bandrek susu ini, tidak ada lagi kata “tidak” untuk mencoba minuman khas nusantara ini.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

20181121_192931

Nongkrong Asyik di Monkey the Cafe

Monkey the Cafe bisa menjadi referensi tempat nongkrong di akhir pekan ini. Kafe yang satu ini memang belum resmi dibuka, masih dalam the soft opening, tetapi pengunjung tak jarang mendatangi tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *