Home / Lifestyle / Jus Sano, Minuman Segudang Manfaat

Jus Sano, Minuman Segudang Manfaat

Azka Fikri/Muhammad Rifai

PIJAR, Medan. Kesehatan merupakan bagian paling penting dalam kehidupan yang harus dijaga dan diperhatikan setiap hari. Setiap manusia yang hidup wajib menjaga kesehatan tubuhnya agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu cara menjaga kesehatan yang paling mudah adalah dengan menjaga pola makan yang baik. Pola makan yang teratur dan seimbang dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. Tidak hanya menjaga pola makan yang baik, kesehatan pun dapat dijaga dengan mengonsumsi minuman sehat.

Salah satu minuman sehat yang belum banyak diketahui orang adalah Jus Sano. Campuran jeruk lemon, jahe, bawang putih, madu, dan cuka apel merupakan minuman ajaib menurut ahli gizi Italia Emilio Stelfani. Banyak penelitian ilmiah para ahli di seluruh dunia yang telah membuktikan bahwa Jus Sano memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan wawancara tentang Jus Sano yang kami lakukan dengan dr. Henny Hassan, Ia memaparkan manfaat dari mengonsumsi Jus Sano.

  1. Manfaat Jeruk Lemon

Jeruk lemon dapat membantu proses pencernaan, membantu mencegah flu dan demam, menjaga kebersihan mulut dan gigi, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Manfaat Jahe

Mengurangi mual dan muntah, memperbaiki pencernaan, meredakan nyeri pada saat menstruasi, dan  mengobati flu dan pilek.

  1. Manfaat Bawang Putih

Menurunkan resiko terjadinya diabetes, menurunkan kadar kolestrol, membantu mengatasi gejala alergi dan flu, membantu kerja sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung, dan membantu mencegah terjadinya kanker.

  1. Manfaat Madu

Membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, membantu menghilangkan kadar kolestrol  HDL, menambah energi bagi tubuh, dan membantu menurunkan berat badan.

  1. Manfaat Cuka Apel

Mengurangi bau mulut, memperbaiki pencernaan, menghentikan cegukan, meringankan nyeri pada tenggorokan, mengurangi bau badan, mencerahkan kulit dan membantu menghilangkan noda di kulit karena proses penuaan.

Jika kamu ingin membuat Jus Sano sendiri, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan, di antaranya 1 kg bawang putih, 1 kg jahe, 1 kg jeruk lemon, 300 ml cuka apel, dan 500 ml madu. Untuk membuatnya, pertama haluskan jahe dengan cara di-blender (tambahkan air 2 gelas), kemudian disaring dan ambil air yang sudah disaring. Kedua, hancurkan bawang putih dengan air jahe, kemudian campurkan 300 ml cuka apel dan perasan jeruk lemon. Ketiga, rebus semua bahan dengan menggunakan kendi (berbahan dasar tanah liat) selama 30 menit. Setelah dingin, campurkan 500 ml madu ke dalam bahan. Lalu masukkan ke dalam botol.

Aturan Minum :

  • Minum satu sendok makan setiap bangun tidur sebelum sarapan pagi (untuk kesehatan)
  • Minum satu sendok makan setiap bangun tidur sebelum sarapan pagi dan satu sendok sebelum tidur malam (untuk penyembuhan)
  • Bagi penderita yang kronis minum sehari dua kali, 2 sendok makan sblm makan dan 2 sendok makan sebelum tidur.

Setalah mengonsumsi minuman ini mungkin beberapa orang akan merasa pusing, mual, bahkan perut sakit (diare) atau badan terasa panas-dingin atau berkeringat, mengalami rasa kantuk berlebihan, sering buang angin dan merasa sakit ulu hati, bahkan dada seperti terbakar (nyeri dada). Gejala awal berbeda-beda pada tiap orang dan ada orang yang tak merasakan gejala awal sama sekali. Jika anda mengalami reaksi tubuh seperti ini, itu pertanda ramuan ini mulai bekerja, membersihkan racun-racun (detoksifikasi) dalam tubuh. Tapi, aroma yang ditimbulkan dari jus ini cukup menyengat.

“Saya minum jus ini bukan karena penyakit, tetapi untuk menjaga kesehatan saya. Saya juga minum jus ini dengan tutup hidung, karena baunya itu loh buat gak tahan,” ujar Puteri Mentari (24).

Sebagaimana kita ketahui, makanan yang sehat tidak mengutamakan rasa sehingga rasa jus ini tidak sebanding enaknya dengan makanan dan minuman yang tidak sehat. Meskipun terasa tidak enak, Sobat Pijar perlu untuk mencoba jus yang satu ini jika ingin menjaga kondisi kesehatan. Selamat mencoba!.

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: freepik.com

Budaya Hangout, Mengapa Kopi Membuat Kita Menjadi Candu?

Kebiasaan anak muda saat ini dengan gaya hidup hangout membuat para pebisnis memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka kafe-kafe yang di fasilitasi dengan Wi-Fi gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *