Home / Olahraga / Olahraga Unik, Berlari di dalam Air Kolam Renang
sumber foto : https://www.runnersworld.com/sites/runnersworld.com/files/styles/article_main_custom_user_phone_1x/public/poolrunning_500.jpg?itok=Vg4Z07HT&timestamp=1410960556
sumber foto : https://www.runnersworld.com/sites/runnersworld.com/files/styles/article_main_custom_user_phone_1x/public/poolrunning_500.jpg?itok=Vg4Z07HT×tamp=1410960556

Olahraga Unik, Berlari di dalam Air Kolam Renang

Erika Sihite/Annisa Rahmi

Pijar, Medan. Berlari adalah salah satu olahraga ringan yang sering dilakukan. Berlari yang dilakukan di tempat umum seperti taman, lapangan luas, atau sekitaran rumah yang memiliki lahan kosong adalah hal yang biasa. Namun, bagaimana jika berlari di dalam air kolam renang?

Olahraga berlari di dalam air atau disebut Pool Runing memang belum banyak diketahui orang. Namun, jika kita perhatikan di luar negeri, olahraga tersebut sangat digemari. Di Amerika sering dilakukan olahraga tersebut, bahkan menjadikannya salah satu cabang olahraga.

Pool Runing tidak sulit untuk dilakukan, sebab olahraga tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin mencobanya. Hal yang perlu dilakukan hanya dengan berlari di dalam air dengan kepala yang tetap berada di luar atau di atas permukaan air. Kita harus menggunakan pelampung khusus atau Water Jooging Belt yang dipasang pada pinggang. Pelampung tersebut akan membantu kita mengapung dengan stabil di dalam air dan membuat kaki tidak akan menyentuh dasar kolam. Ini mempermudah kita untuk berlari di dalam air.

Tidak perlu khawatir bagi yang tidak bisa berenang. Olahraga ini sebagai alternatif yang hampir sama dengan berenang, meskipun posisi berenang dan berlari di dalam air sangat berbeda. Pool Runing juga membantu para pelari untuk berlatih.

Sumber foto : https://ultrarunningmom.files.wordpress.com/2015/06/pool-running.jpg
Sumber foto : https://ultrarunningmom.files.wordpress.com/2015/06/pool-running.jpg

Berlari di dalam air atau pool runing memiliki banyak manfaat, di antaranya menyembuhkan saraf kejepit, sakit punggung, radang sendi, mempercepat penyembuhan untuk atlet yang pernah cedera, memperlancar peredaran darah bagi ibu hamil dan mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan, melatih gerakan bagi orang pasca operasi dan stroke, memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan, dan menjaga serta meningkatkan kebugaran jasmani. Bagi para wanita yang bertubuh besar (obesitas), olahraga ini juga bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami dan sehat pastinya.

Cara melakukan olahraga pool runing sangat mudah, anda bisa mulai dari ujung kolam yang dangkal dengan mengunakan alat bantu Water Jooging Belt. Kemudian lakukan gerakan kaki dan tangan seperti lari atau jooging. Setelah nyaman, lakukan interval jalan atau lari seperti biasa, dengan kepala di permukaan, lalu tegakkan postur tubuh. Kemudian lakukan gerakan setengah berjinjit atau fore foot strike diselingi posisi jalan atau heel to-to estrike. Agar lebih dinamis, anda juga bisa menyelinginya dengan berenang sepanjang 500-800 meter untuk melatih paru-paru dan kesehatan jantung.

Tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga yang satu ini, meski anda tidak bisa berenang. Namun, tetap harus mengutamakan kesalamatan dan keamanan dengan menggunakan perlengkapan. Selamat mencoba.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: Instagram Official PSMS Medan

Menang di Teladan, Ayam Kinantan Patuk Ayam Jantan dari Timur

Laga perdana dari seorang Butler pun harus ditunda beberapa menit. Hujan lebat yang mengguyur Kota Medan pada Senin malam membuat laga harus ditunda beberapa saat. Belum lagi, lampu stadion yang padam mengharuskan kedua kesebelasan menunggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *