Home / Lifestyle / Berenang Malam: Alternatif Olahraga di Zaman Now

Berenang Malam: Alternatif Olahraga di Zaman Now

Sumber : google.com

Cristian Yosua/ Mutia R

Pijar, Medan. Ditengah-tengah mobilitas kegiatan setiap hari, barang tentu tubuh manusia akan lebih mudah capek dan jatuh sakit. Di era sekarang ini, dimana media sudah sangat vulgar dalam menyebarkan informasi, orang-orang tidak lagi tabu atau awam dengan olahraga. Banyak kegiatan yang saat ini bisa dijadikan sebagai olahraga atau bahkan menjadi ragam baru dari olahraga-olahraga konvensional yang divariasikan baik dari model gerakan, medium olahragadan atau waktu biasa pelaksanaan olahraga tersebut.

Berenang adalah olahraga yang membuat gerakan didalam air. Olahraga yang memiliki banyak penggemar ini merupakan olahraga yang biasanya dilakukan di pagi atau sore hari. Renang merupakan olahraga favorit kebanyak orang karena sifatnya yang bisa dijadikan sebagai penyegaran atau refreshing, juga sekaligus olahraga. Dan apabila dilakukan dengan gerakan yang benar justru bisa membawa dampak positif di fisik tubuh seperti menambah tinggi badan, melancarkan aliran darah dan sebagainya.

Sesuai perkembangan zaman, ditambah dengan kegiatan yang semakin mobile, dewasa ini renang tidak hanya dilakukan pada waktu pagi atau sore hari saja. Malam hari pun, tak jarang orang-orang melakukan olahraga ini. Setelah akitivitas seharian, berenang merupakan pilihan yang baik untuk menutup aktivitas kita sebelum tidur.

Ketika melakukan renang di malam hari, dampak baik yang didapat masih sama seperti ketika melakukannya di pagi atau sore hari. Seperti menambah bentuk tinggi badan, melancarkan sirkulasi pernapasan, melancarkan aliran darah, baik untuk jantung, mengontrol berat badan, memperbaiki kadar kolestrol dan lain sebagainya merupakan dampak yang bisa kita dapatkan. Ditambah lagi kebaikan tambahan ketika kita melakukan renang di malam hari yaitu dapat merelaksasi pikiran, memperbaiki kualitas tidur setelah seharian hecticberaktivitas, dan menambah spirit untuk aktivitas besok hari.

Walau begitu, dalam pelaksanaannya tidak boleh sembarangan. Sebab, ada dampak buruk juga ketika melakukannya dalam kondisi tubuh yang kurang baik. Karena dilakukan pada malam hari, akan ada indikasi yang bisa menyebabkan masuk angin, bahkan gejala rematik.

Untuk itu, sebaiknya sebelum melakukan olahraga ini pada malam hari, harus memahami kondisi diri sendiri terlebih dahulu, jangan melakukannya terlalu keras sehingga mengeluarkan banyak tenaga, tidak melakukannya pada jam-jam yang tidak wajar misalnya diatas jam 21.00 atau lebih baik jika meminta anjuran dokter sehingga tidak melakukannya secara berlebihan.

Karena sejatinya, olahraga adalah kegiatan untuk kesehatan, kebugaran, dan dapat memberikan kebermanfaatan, bukan sebaliknya. Dan renang pada malam hari, adalah kombinasi antara olahraga, penyegaran dan terapi yang dapat menenangkan. Tidak ada yang salah dengan renang di malam hari jika dilakukan dengan benar.

(Redaktur Tulisan: Nadia Lumongga Nasution)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber gambar : Sumber: muslimarket.com

Bulan Puasa Bukan Alasan Untuk Tidak Berolahraga

Olahraga di bulan puasa akan memberikan manfaat yang besar bagi tubuh anda, seperti hilangnya rasa malas dan mengantuk, detoksifikasi tubuh akan tetap lancar hingga dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *