Home / Berita / EDITORS FORUM, CEGAH HOAX DENGAN LITERASI

EDITORS FORUM, CEGAH HOAX DENGAN LITERASI

Intan Sari

Pijar, Medan. Direktorat Jenderal  Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berhasil menggelar  acara bertajuk  Editors Forum yang diselenggarakan pada Jumat, (06/04) di Hotel Aryaduta Medan.

Mengusung tema “Untuk Publik Demi Republik”, acara ini dilatar belakangi oleh maraknya hoax yang menyebar luas dan Hate speech yang tidak terkontrol, maka Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo RI berinisiatif untuk mengadakan forum diskusi bersama kalangan Jurnalis Kota Medan yang diikuti juga oleh Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Medan.

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang selanjutnya diisi oleh 4 pembicara utama yaitu Prof. Dr. H. Henry Subiakto selaku Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Komunikasi dan Informasi, Dr. Anas Saidi selaku Deputi Bidang Kajian dan Materi BPID, Drs. H. Sofyan Harahap selaku Wakil Pemimpin Redaksi Harian Umum Waspada serta Tikwan Raya Siregar selaku Praktisi Media Medan.

Masing-masing pembicara menyampaikan ide, gagasan, serta pendapatnya di dalam acara Editors Forum ini. Pembicaraan utama mengulas mengenai masalah dan solusi dalam dunia digital. Maraknya hoax yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Indonesia dikhawatirkan akan berdampak pada pecahnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh pembicara kedua, yaitu Bapak Dr. Anas Saidi selaku Deputi bidang Kajian dan Materi BPID, “Pancasila sekarang hanya surplus pada bacaan dan ucapan namun minim tindakan”. Maka, solusi yang kemudian dikemukakan oleh pembicara tersebut adalah pengembangan sikap toleransi yang bijak dan menyeluruh.

Adapun cara untuk menangkal hoax adalah melalui penguatan literasi. “Bahwa maraknya kita temukan hoax, ujaran kebencian, dan lainnya adalah dikarenakan rendahnya minat baca dan literasi masyarakat, sehingga mereka mudah termakan isu yang belum jelas kebenarannya. Maka cara terbaik untuk menangkal semua itu adalah dengan meningkatkan literasi masyarakat,” ujar Prof. Dr. H. Henry Subiakto selaku Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Komunikasi dan Informasi dalam materinya.

Suasana Editors Forum yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta pada Jumat, (06/04) (Fotografer: Intan Sari)
Suasana Editors Forum yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta pada Jumat, (06/04)
(Fotografer: Azka Fikri)

Selanjutnya pembicara ketiga dan keempat yaitu Drs. H. Sofyan Harahap dan Tikwan Raya Siregar lebih berfokus pada media massa dan pers. Bapak Sofyan Harahap menilai dewasa ini  media cetak tampaknya tergerus oleh zaman. Kehadiran digitalisasi media baru membuat media cetak mengalami guncangan yang cukup kuat.

Hal itu ditambah dengan kebiasaan generasi Y,Z untuk membaca berita secara praktis melalui media daring yang membuat banyak media cetak gulung tikar dan memilih beralih kepada media daring. Namun, Sofyan menegaskan bahwa media cetak akan tetap ada, hanya saja jumlahnya tidak sebanyak dulu. Seperti yang disampaikannya “Media cetak akan tetap ada namun terseleksi”.

Rangkaian acara ini tidak banyak memang. Sebab, acara yang dimulai pukul 14.30 ini sengaja dipadatkan hingga pukul 16.00 difokuskan hanya untuk menyampaikan informasi yang berkenaan dengan isu hoax dan hate speech dalam media massa saat ini. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, pemberian bingkisan bagi peserta terpilih, dan foto bersama.

Harapan Sumiyati sendiri terhadap acara ini adalah keberhasilan kita semua (masyarakat) menanggulangi hoax serta ujaran kebencian yang kian merembes ke berbagai lini kehidupan. Serta terciptanya konten-konten positif penuh kejujuran dan kebenaran di dunia maya.

(Redaktur Tulisan: Nadia Lumongga Nasution)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber : Dokumentasi Panitia

UKMI Ar-Rahman Unimed Ajak Mahasiswa Islam Menjadi Generasi Emas Selanjutnya

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar-Rahman Universitas Negeri Medan dengan bangga mempersembahkan acara tahunan mereka yang bertajuk Open House UKMI Ar-Rahman Unimed 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *