Home / Berita / Konsulat Amerika Serikat : Introduction U.S.A Education Exchange Program di USU

Konsulat Amerika Serikat : Introduction U.S.A Education Exchange Program di USU

Sumber foto: Dokumentasi Pribadi

Dinda Nazlia Nasution

Pijar, Medan. Konsulat Amerika Serikat Kota Medan menggelar Kuliah Umum bertajuk Introduction of United States Exchange Programs and Education in U.S di Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (25/04). Acara ini menghadirkan Guest Lecturer Juha Salin yang menjabat sebagai Principal Officier dan Sukanto Hans selaku Public Affairs and Economic Assistant di Konsulat Amerika Serikat di Medan.

Acara ini disambut hangat oleh Dekan Fakultas Kehutanan USU, Siti Latifah S.Hut., M.Si., Ph.D. Dalam kegiatan ini, dijelaskan mengenai program pendidikan dan pertukaran pelajar dan mahasiswa di Amerika Serikat. Dengan tiga topik pembahasan, yaitu YES (The Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study Program) untuk kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas dan sederajatnya. Kedua, YSEALI (The Young Southeast Asian Leaders Initiative) yang ditujukan bagi para pemuda/i berusia kisaran 18-25 tahun dengan bertemakan empat pilihan utama yakni, Civic Engagement, Environment-Natural Resources Management, juga Entrepreneurship and Economic Development, dan Education. Terakhir, Fulbright Scholarship dibawah naungan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).

Iyaz, seseorang yang memberi motivasi. (Sumber foto: Dokumentasi Pribadi)
Satia Ras, saat sharing session sepulang dari Amerika Serikat.
(Sumber foto: Dokumentasi Pribadi)

Para peserta berjumlah puluhan yang didominasi mahasiswa tingkat akhir ini merasa terinspirasi untuk mengikuti seleksi ini dikarenakan Satia Ras adalah seorang Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kehutanan USU 2017 yang merupakan seorang alumni The YSEALI Academic Fellows setahun silam. Mahasiswa yang akrab disapa Iyaz ini juga pernah berkunjung sekaligus belajar di lima negara bagian di Amerika Serikat yaitu Hawaii, Oakland, San Fransisco, California, dan Washington D.C.

Peraih predikat The Best Inspirational Speaker di Aunty Bev Award – East West Center, Honolulu Hawaii ini memberikan motivasi. “Yang pertama belum tentu yang terbaik. Dan yang terbaik bisa jadi yang pertama. Jadi, kita semua punya kesempatan yang sama untuk lolos,” ucap Iyaz seraya membagikan pengalamannya.

“Sudah banyak kita lakukan kegiatan semacam ini di berbagai universitas di Kota Medan. Mungkin ada sekitar sepuluh hingga lima puluhan yang melibatkan banyak environment dan youth leadership, serta komunitas. Di tahun ini adalah yang keempat kalinya. Program YSEALI sendiri khususnya, yang dicari adalah sosok dengan background dan skills yang berbeda. Di tahun ini adalah yang keempat kalinya. Untuk applicant YSEALI season lalu, sebanyak enam ratus,” Juha Salin menerangkan .

“Sedangkan untuk wilayah Sumatera hanya diambil enam atau delapan orang. Ini adalah program bagus dan sangat kompetitif,” tutup Sukanto Hans.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber : Dokumenasi Panitia

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP USU Ajak Pelajar Melek Media Sosial

Pijar, Medan. Dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen-dosen Ilmu Komunikasi USU mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang literasi media. Pengabdian diinisiasi oleh Dra. Fatma Wardy Lubis, M.A, Dra. Mazdalifah, M.Si., Ph.D dan Yovita Sabarina Sitepu, S.Sos., M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *