Home / Berita / PIJAR, Kembali Mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

PIJAR, Kembali Mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Intan Khusnul / Putri Arum Marzura

Pijar, Medan. Pers Mahasiswa PIJAR USU kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang ke 5. Dengan mengusung tema “Satu Goresan Sejuta Makna”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang FISIP USU selama 2 hari, yakni pada tanggal 28 dan 29 Maret 2018.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini merupakan sebuah pelatihan yang menyuguhkan wawasan seputar dunia Jurnalistik dan juga sebagai wadah pengembangan bagi mereka yang berminat di bidang Jurnalistik itu sendiri. PJTD ini pun bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill di bidang Jurnalistik serta memahami bagaimana ketika kita terjun ke dunia Jurnalistik nantinya.

Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan oleh Yasmin Nabilah selaku Ketua Panitia, dilanjutkan oleh Lucky Andriansyah selaku Pemimpin Umum PIJAR dan juga kata sambutan serta pembukaan oleh Drs. Safrin M.si selaku Ketua Laboraturium Departemen Ilmu Komunikasi USU.

Suasana Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Hari pertama di Ruang Sidang FISIP USU (28/3). (Fotografer: Dwi Harizki)
Suasana Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Hari pertama di Ruang Sidang FISIP USU (28/3).
(Fotografer: Dwi Harizki)

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para pemateri yang handal dan sangat menyimpan banyak ilmu untuk di sharing kepada peserta. Yang pertama, Materi Redaksi tentang menulis feature oleh Nur Akmal, Wartawan dari Harian Analisa. Dilanjutkan oleh pemateri kedua yang membahas tentang Creative Digital dan Social Media Marketing oleh Wahyu Blahe selaku CEO PT Carita Media Nusantara. Dan pemateri terakhir yang membahas tentang Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi yang disampaikan oleh Muhammad Ari Permana, Ketua Forum Genre Sumut 2018.

Dihari kedua, kegiatan PJTD dimulai dengan pembagian kelompok dan liputan diberbagai tempat. Teknisnya, masing-masing kelompok mendapatkan tempat liputan yang berbeda, tetapi penulisan tetap dilakukan oleh perorangan. Para peserta diwajibkan menulis satu tulisan dari hasil liputan yang sudah dilakukan. Kegiatan ini sangat mengasah kemampuan dan kecepatan menulis para peserta, karena peserta hanya diberikan waktu kurang lebih 1 setengah jam. Setelah isoma acara pun dilanjutkan dengan kunjungan ke Kompas TV yang dipandu oleh Reporter Kompas TV, Deasy Agatha. Tak hanya itu, para peserta ditugaskan untuk mempraktikkan secara berkelompok bagaimana cara liputan atau pun Live Report dengan baik dan benar.

Suasana kunjungan Media ke Kompas TV di Hari kedua pada acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (29/3). (Fotografer: Putri Arum Marzura)
Suasana kunjungan Media ke Kompas TV di Hari kedua pada acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (29/3).
(Fotografer: Putri Arum Marzura)

Para peserta mendapatkan banyak ilmu dalam bidang Jurnalistik di pelatihan ini. Bukan itu saja, dengan kebaikan hati para panitia dan fasilitas yang diberikan sangat memuaskan para peserta salut dengan pelatihan ini. “Saya senang mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini, karena emang suka sama Jurnalistik gitu. Dan harapannya, semoga PIJAR dan semua peserta lebih baik lagi dan ilmu yang diberikan dari para pemateri bermanfaat,” ungkap Ameta salah satu peserta PJTD.

Sebelum penutupan acara, panitia juga memberikan bingkisan kepada 2 pemenang, yaitu Peserta Terbaik, Muhammad Hidayat dan Tulisan Terbaik, Star Munthe.

(Redaktur Tulisan: Nadia Lumongga Nasution)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

image1 (5)

French Wingz, Nuansa Baru Tarian Hiphop

French Wingz adalah sebuah kelompok tari hiphop yang berasal dari Perancis. Dua lelaki, dua orang asing, dan dua dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *