Home / Berita / SEMARAK SUMUT SCHOLARSHIP EXPO

SEMARAK SUMUT SCHOLARSHIP EXPO

Fotografer : Akbar Gading

Akbar Gading Barus

Pijar, Medan. Pemerintahan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (PEMA USU) melalui Kementrian Luar Negerinya sukses menggelar acara Sumut Scholarship Expo yang diselenggarakan pada Minggu, (31/03) di Gedung Auditorium USU.

Acara talkshow dan seminar ini dimulai dengan kata sambutan oleh Beby Ayu selaku ketua panitia, yang kemudian dibuka oleh penampilan tari tradisional dari mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya yang turut memeriahkan suasana.

Mengusung tema “Get Scholarship, Reach Your Dream and Explore The World”, acara ini bertujuan untuk mengedukasi para peserta yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri agar memperoleh informasi beasiswa serta kiat-kiat mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Turut hadir pula para pembicara yang merupakan perwakilan dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) yang datang dari berbagai negara untuk ikut andil berbagi pengalaman mereka tentang bagaimana mendapat beasiswa dan merantau ke negeri orang. Adapun perwakilan PPI yang hadir ialah PPI Malaysia, PPI Hungaria dan PPI India.

Salah satu yang hadir sebagai pembicara lainnya adalah Ahmad Fuadi, merupakan penerima beasiswa British Chevening Scholarship Inggris  sekaligus seorang Penulis dari novel Negeri 5 Menara. Pria kelahiran Sumatera Barat ini berbagi tips dan trik tentang bagaimana ia berhasil mendapatkan berbagai beasiswa dan belajar di luar negeri.

“Kalau mau kuliah ke luar negeri harus punya niat yang kuat, mereka harus tahu niat ke luar negeri itu buat apa. Niatnya itu haruslah untuk mendapat wawasan dan ilmu, bukan buat jalan-jalan. Kuliah ke luar negeri itu bagus, namun bukan berarti dalam negeri tidak bagus. Edit value nya adalah kita bakalan keluar dari zona nyaman, explore ke hal yang berbeda, melihat dan merasakan budaya yang berbeda dan merasakan bagaimana rasanya menjadi minoritas di negeri orang,” tutur Ahmad Fuadi saat ditanya mengenai harapannya untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Selain berada di dalam ruangan, hadir pula sejumlah perwakilan dari pihak pemberi beasiswa untuk mengisi booth yang berada di luar ruangan. Beberapa yang hadir diantaranya Tanoto Scholarship, Generasi Baru Indonesia komisariat USU, serta Karya Salemba Empat. Para peserta bisa bebas langsung tanya jawab mengenai informasi beasiswa yang tersedia di booth masing-masing.

Kemeriahan acara semakin terpancar oleh hadirnya bintang tamu komika asal Medan, Indra Jegel. Dalam penampilannya, Ia sukses mendulang tawa dari hampir ribuan massa yang hadir dalam acara tersebut. Namun sayang, acara tersebut juga menimbulkan kekecewaan tersendiri. Pasalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sebelumnya direncanakan hadir tidak dapat mengikuti acara tersebut dikarenakan suatu halangan. Akan tetapi, hal tersebut tidak mengurangi semangat peserta untuk ikut memeriahkan acara.

Sebagai penutup acara, pihak penyelenggara mengadakan sesi foto dengan pembicara bagi para peserta yang diberikan kesempatan. Hal ini ditujukan agar menambah kesan serta semangat peserta untuk meraih beasiswa dan berkesempatan mencari ilmu keberbagai belahan dunia.  “Get Scholarship? Yes I Can”.

(Redaktur Tulisan: Nadia Lumongga Nasution)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Image 1

428 Tahun Medan Berbudaya dan Wujud Arti Sebuah Keberagaman

Perayaan hari jadi Kota Medan ini memiliki beberapa acara di antara lain workshop yang bertempat di Hotel Santika Dyandra, Medan Carnival, penampilan musik dan tari tradisional, dan tidak ketinggalan lomba design batik khas Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *