Home / Berita / Kajian Kontemporer UKMI, Bangkitkan Kembali Semangat Mahasiswa
Fotografer: Muhammad Hidayat Sikumbang
Fotografer: Muhammad Hidayat Sikumbang

Kajian Kontemporer UKMI, Bangkitkan Kembali Semangat Mahasiswa

Muhammad Hidayat

UKMI As-Siyasah FISIP USU sukses melaksanakan ‘Kajian Kontemporer’ yang bertemakan “Kritisi tanpa solusi, kritisi tanpa kontribusi, kritisi tanpa realisasi bagai mimpi dalam puisi” pada Jum’at, (04/05) di Ruang Sidang FISIP USU.

Acara ini menghadirkan Wakil Wali Kota Binjai, Timbas Tarigan S.E sebagai pembicaranya. Selain itu adapula Drs. Lina Sudarwati, M.Si yang merupakan Dosen Sosiologi FISIP USU serta Wakil Presiden Mahasiswa USU, Hendra Boang Manalu.

Kritik dan Mahasiswa selalu memiliki benang merah yang terkandung di dalamnya. Peran pemuda terhadap pembangunan negeri ini tidak bisa dilepaskan.

Para pemuda selalu identik dengan pergerakan-pergerakan yang menuntut adanya perubahan di negeri ini. Sumpah Pemuda, Peristiwa Rengasdengklok, hingga terbentuknya Perhimpunan Indonesia merupakan beberapa bentuk kejadian yang akan selalu dikenang dan tercatat di buku sejarah yang kita pelajari.

Ada juga tentang gejolak hingga mengakibatkan meninggalnya Arif Rahman Hakim, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang meninggal karena ditembak sewaktu berlangsungnya demonstrasi mahasiswa menuntut Tritura atas pemerintahan Orde Lama di bawah Presiden Soekarno pada tanggal 24 Februari 1966. Kemudian Tragedi Trisakti pada 12 Mei 1998, saat peristiwa penembakan terhadap mahasiswa terjadi tatkala mahasiswa menuntut Soeharto untuk turun dari jabatannya.

Hal itulah yang disampaikan oleh Wakil Wali Kota Binjai, Timbas Tarigan. “Posisi mahasiswa saat ini adalah posisi paling aman dan paling nyaman. Itulah mengapa, mahasiswa harus terlibat dalam berbagai kegiatan. Baik itu kegiatan yang mendukung, ataupun mengkritik hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat di era sekarang ini,” tuturnya.

Senada dengan Wakil Wali Kota Binjai, Putra Anshori Ritonga yang menjabat sebagai Ketua UKMI As Siyasah FISIP USU mengungkapkan, bahwa saat ini peran mahasiswa bersama masyarakat sangat erat kaitannya. “Acara ini kami persembahkan untuk mahasiswa itu sendiri. Sebagai agenda wajibnya UKMI, acara ini juga sebagai  peringatan dari Hari Buruh dan Hari Pendidikan Nasional, yang berlangsung pada 1 Mei dan 2 Mei lalu. Ini juga sebagai bukti bahwa UKMI akan selalu berkontribusi bersama dengan mahasiswa,” tutupnya.

 

(Redaktur Tulisan: Viona Matullessya)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Edy Rahmayadi saat menjelaskan tentang bagaimana caranya agar para kepala sekolah, guru, dan staf pengajar di Sumatera Utara  bisa lebih termotivasi untuk agar nantinya Sumut bisa lebih bermartabat pada Rabu, (17/10).
(Fotografer: Hidayat Sikumbang)

Berjaket di Hadapan Guru, Edy Rahmayadi: “Provinsi Kita Ini Surga Kecil yang Diberikan Tuhan.”

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyampaikan kalimat penyemangat dan motivasi untuk para guru dan kepala sekolah yang hadir dalam kegiatan Revitalisasi SMK yang bermartabat di SMKN 1 Beringin,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *