Home / Berita / Maknai Arti Keselamatan Lewat Pengasingan Diri

Maknai Arti Keselamatan Lewat Pengasingan Diri

Sumber foto : Dokumentasi Panitia Penyelenggara

Hesmitha Eunike

PIJAR, Medan. Paskah merupakan perayaan memperingati hari kebangkitan Kristus bagi umat kristiani. Banyak bentuk perayaan yang dapat dilakukan, salah satunya berupa retret (pengasingan diri). Seperti yang dilaksanakan oleh mahasiswa Kristen Ilmu Komunikasi USU, pada Jumat-Sabtu, 4-5 Mei 2018 di Cinta Alam Sembahe.

Kegiatan Paskah tahun ini memiliki tema “Salvation of Our Soul (SOS)” yang memiliki makna keselamatan bagi jiwa kita. Peserta kegiatan retret ini terdiri dari mahasiswa/i Ilmu Komunikasi stambuk 2014, 2015, 2016, 2017 dan alumni.

Hari pertama, kegiatan diawali dengan do’a dan opening ceremony yang menandakan bahwa kegiatan retret Paskah Ilmu Komunikasi resmi dibuka. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh ketua panitia, Milka Rosi dan perwakilan dari pengurus Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (IMAJINASI), Maya Simbolon.

Ibadah pertama atau ibadah pembukaan dimulai pada pukul 16.00. Nyanyian pujian diiringi petikan gitar turut melengkapi kegiatan ibadah ini. Malam harinya, pukul 20.30 diadakan ibadah KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani). Pada ibadah ini peserta mengikutinya dalam keadaan khusyuk dan diteguhkan lewat penyampaian khotbah oleh Pdt.Christian Ghozaly.

Dalam khotbahnya, Pdt. Christian menyampaikan manusia kembali diingatkan akan rancangan Tuhan, yakni untuk memuliakan dan mencerminkan teladan-Nya. Namun ada yang menjadi penghambat antara Tuhan dan manusia, yakni dosa dan keterhilangan.

Pada hari kedua kegiatan diawali dengan saat teduh kemudian dilanjutkan dengan mencari telur paskah sesuai dengan kelompok yang telah dibagi sebelumnya. Berbagai games menarik dan bermacam perlombaan juga dilakukan untuk menjalin kekerabatan antara peserta retret dan menguji kekompakan dalam kelompok.

Kebersamaan dan keakraban yang terasa dalam keluarga besar Retret Perayaan Paskah Ilmu Komunikasi Fisip 2018. (5/4). Fotografer: Frans Dicky Naibaho
Kebersamaan dan keakraban yang terasa dalam keluarga besar Retret Perayaan Paskah Ilmu Komunikasi Fisip 2018. (5/4).
Fotografer: Frans Dicky Naibaho

Milka Rosi, mahasiswi Ilmu Komunikasi stambuk 2016, selaku ketua panitia Paskah tahun ini mengaku bahwa terdapat kendala dalam mempersiapkan kegiatan ini, namun kendala tersebut dapat diatasi dan acara dapat berjalan dengan lancar.

“Yang saya dapat tentang konsep keselamatan itu sendiri,bagaimana kita harus menyikapi setelah menerima keselamatan itu.Tuhan itu menyelamatkan kita bukan untuk tidak melakukan apa-apa,tapi justru kita harus menghasilkan buah supaya memuliakan nama Tuhan,” ujar Herbet, alumni Ilmu Komunikasi USU stambuk 2012.

Closing ceremony pun dilakukan sebagai tanda bahwa retret perayaan Paskah Ilmu Komunikasi resmi ditutup. Pembagian souvenir sebagai kenang-kenangan diberikan kepada peserta retret. Tak ketinggalan, momen perayaan Paskah ini diabadikan lewat foto bersama.

“Harapannya agar peserta dapat memaknai arti keselamatan dalam Yesus dan bisa berkomitmen. Semoga seluruh panitia dan pelayan acara dapat membuat acara yang lebih baik di tahun depan,” ujar Milka.

(Redaktur Tulisan: Viona Matullessya)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Cover

Gebyar Muslimah Untuk Para Muslimah Istiqomah

UKMI Ad-dakwah USU menggelar acara Gebyar Muslimah yang dilaksanakan pada Minggu, (14/10) di Aula Fakultas Kedokteran USU. Kegiatan yang mengusung tema “Be Brave, Break the Limit“ ini, diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *