Home / Sosok / Silva, Duta GenRe Panutan Generasi Muda

Silva, Duta GenRe Panutan Generasi Muda

Sumber Foto: Dokumentasi Sapphire Publisher

Sapphire Publisher

Pijar, Medan. Bertubuh tinggi semampai dan berkulit putih, itu lah yang menggambarkan sosok Silvadiah Suci Utami. Silva adalah sapaan akrabnya, merupakan seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU). Selain sebagai mahasiswa, Silva juga aktif sebagai Duta Genre, MC Freelance, Speaker, Trainer, juri, dan lain sebagainya.

Sebagai Duta Genre Jalur Pendidikan 2017, Silva berpendapat bahwa generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang harus bebas dari Triat KRR, yakni seks bebas, pernikahan dini, dan nafza. Silva mengatakan bahwa generasi muda zaman sekarang sedang berada di tengah pengaruh media sosial, di mana media sosial bagaikan pisau bermata dua yang bisa membawa dampak positif dan negatif bagi setiap penggunanya. Tetapi sayangnya remaja zaman sekarang lebih banyak ke arah yang negatif daripada positif, karena di usia remaja seperti mereka masih sulit untuk memilah mana hal baik dan mana yang buruk.

Menurut Silva, tugas seorang Duta Genre bukanlah hal yang sulit dilakukan, hanya saja Silva dituntut untuk bisa menjadi contoh atau panutan yang baik bagi generasi muda penerus bangsa. Sebagai Duta Genre, bersosialisasi dan membagi Ilmu kepada remaja-remaja yang berada di sekolah-sekolah di daerah merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi Silva. Hanya saja, tidak semua harapan dapat terwujud dengan sempurna. Silva mendapat beberapa kendala dari para remaja saat bersosialisasi, seperti remaja-remaja tersebut tidak mau mendengarkan karena sibuk dengan urusan mereka sendiri. Tetapi, kendala tersebut dapat diatasi Silva dengan penggunanan bahasa remaja zaman sekarang, seperti saat menyampaikan materi bisa membuat games dan melakukan ice breaking untuk mendapatkan perhatian dari remaja-remaja tersebut.

Silva juga baru menyadari bahwa apa yang ia posting di tiap akun sosial medianya sangat berpengaruh kepada orang-orang yang melihat postingan tersebut. Karena hal itu, membuat Silva terdorong untuk memamerkan kegiatan-kegiatan positif yang ia lakukan di akun-akun media sosialnya yang bertujuan untuk menginspirasi dan menjadikannya rolle model generasi muda dengan kegiatan-kegiatan positifnya tersebut.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber foto: dokumentasi pribadi

Impian Mulia si Penikmat Kopi

Fandi Ahmad, ia adalah anak muda pecinta kopi yang istimewa. Banyak anak muda pecinta kopi. Banyak pula anak muda yang membuka warung kopi sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *