Home / Lifestyle / Bulan Puasa Bukan Alasan Untuk Tidak Berolahraga

Bulan Puasa Bukan Alasan Untuk Tidak Berolahraga

Sumber gambar : Sumber: muslimarket.com

Frans Dicky Naibaho

Pijar, Medan. Puasa merupakan suatu kewajiban sekaligus tantangan bagi umat Muslim saat memasuki bulan suci Ramadan. Kewajiban menahan haus dan lapar menggiring kita untuk mengurangi aktifitas berat termasuk berolahraga. Bulan Ramadan kerap kali dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Sekilas terlihat masuk akal karena olahraga membutuhkan tenaga ekstra dan berpotensi membuat orang yang berpuasa menjadi lebih lelah. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa berolahraga saat berpuasa.

Meskipun memiliki berbagai keterbatasan selama berpuasa, bukan berarti aktifitas kita hanya diisi dengan tidur atau bermalas-malasan. Olahraga di bulan puasa akan memberikan manfaat yang besar bagi tubuh anda, seperti hilangnya rasa malas dan mengantuk, detoksifikasi tubuh akan tetap lancar hingga dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Memiliki tubuh fit dan sehat serta berat badan yang ideal tentu saja menjadi impian setiap orang. Nah, yakin masih malas buat olahraga?

Sebelum melakukan olahraga, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar kondisi tubuh tetap stabil meski sedang berpuasa. Penting bagi kita untuk memastikan bahwa tubuh tidak kelelahan akibat beraktifitas dan masih mampu untuk berolahraga. Selanjutnya, sebelum memulai olahraga anda dapat melakukan latihan sederhana pada otot seperti push-up dan sit-up. Setelah itu anda dapat memulai berolahraga.

Lantas, olahraga seperti apa yang dapat anda lakukan? Tentu saja anda tidak perlu berolahraga berat seperti bermain sepak bola dan basket karena ini hanya akan menguras tenaga dan berujung pada rasa lemas. Olahraga saat puasa dapat dilakukan dengan intensitas 50% lebih sedikit dari zona latihan yang biasa dilakukan. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti joging, bersepeda, lompat tali, yoga dan senam selama 20-30 menit. Olahraga-olahraga ini dianggap mampu memberi manfaat yang baik bagi tubuh anda saat menjalankan kewajiban berpuasa.

Selain pemilihan olahraga yang hendak dilakukan, pemilihan waktu berolahraga juga sangat penting untuk menentukan keberlangsungan puasa kamu, lho! Waktu yang sangat cocok untuk berolahraga ialah saat menjelang berbuka puasa. Hal ini baik karena anda tidak perlu untuk menunggu terlalu lama agar dapat minum seusai berolahraga. Membuat cairan atau keringat yang terbuang akibat berolahraga dapat segera tergantikan.

Selain itu, berolahraga menjelang buka puasa juga dianjurkan karena segera setelah berbuka, asupan nasi dan makanan lainnya akan segera terpenuhi. Setelah sholat tarawih ataupun saat menjelang sahur juga dapat anda jadikan pilihan untuk berolahraga, sehingga waktu anda saat berpuasa tidak terlalu terganggu.

Pemilihan waktu olahraga tersebut tentu saja untuk tetap menjaga kondisi tubuh. Olahraga di siang hari sangatlah berbahaya. Saat matahari terik, protein yang dibutuhkan setelah berolahraga cukup tinggi dan rasa panas akan membuat dehidrasi. Inilah mengapa tidak dianjurkan untuk berolahraga di saat siang hari.

Nah, puasa kali ini harus diimbangi dengan olahraga ya!

(Redaktur Tulisan: Nadia Lumongga Nasution)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Foto: Hidtori.id

Sketsa Awal Bendera Pusaka

Berkibarlah benderaku, lambang suci gagah perwira. Di seluruh rakyat Indonesia, kau tetap pujaan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *