Home / Sosok / Gaya Hidup Sehat Ala Puput Milala

Gaya Hidup Sehat Ala Puput Milala

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Infinity Publisher

Pijar, Medan. Siapapun pasti ingin hidup sehat. Namun untuk menjalani hidup sehat yang benar, belum tentu semua orang mau melakukannya. Biasanya, keengganan itu muncul karena anggapan bahwa gaya hidup sehat itu sangat sulit dijalani dan tidak menyenangkan bagi banyak orang pada umumnya.

Padahal tidak selalu begitu, menurut Putri Agita Milala, Duta Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) 2017 ada banyak cara hidup sehat yang mudah dilakukan dan diikuti oleh siapapun. Kuncinya, ada niat dan kemauan keras untuk berkomitmen menjalaninya.

Berikut ini beberapa tips gaya hidup sehat yang mudah dilakukan. Tidak memakan banyak waktu, tentunya bisa dijadikan kebiasaan yang sangat baik untuk tubuh Anda jika dilakukan sebelum beraktivitas sehari-hari.

Hindari tidur larut malam, dapat dilakukan minimal 6 jam dalam sehari.

Tips gaya hidup sehat yang ini mudah dilakukan. Anda hanya diminta untuk menghindari kebiasaan tidur larut malam dan meluangkan waktu tidur yang cukup. Alasannya pun sederhana, agar tubuh Anda mendapatkan waktu beristirahat yang layak. Namun, tidur ternyata bukan sekedar momen untuk tubuh. Kekurangan waktu tidur memiliki korelasi langsung terhadap risiko terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan juga jantung.

Bukan hanya itu, kurang tidur juga setara dengan mengkonsumsi racun, ataupun menjalani pola makan yang buruk. Oleh karena itu, sekalipun sedang sibuk tetaplah usahakan selalu bisa tidur dengan cukup bukan tidur yang berlebihan. Karena tidur berlebihan juga bisa merugikan karena dapat menurunkan konsentrasi seseorang.

Berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Vitamin untuk hidup yang sehat adalah keharusan. Biasanya vitamin didapatkan melalui nutrisi, karena tubuh tidak memproduksinya. Namun, khusus untuk vitamin D keadaannya unik. Selain dari makanan, tubuh pun mampu menghasilkannya sendiri. Selanjutnya, Anda juga bisa memperoleh vitamin D dari makanan seperti ikan berminyak (salmon, sarden, makerel), telur, jamur, hati sapi, ikan cod, ikan tuna, sampai yoghurt. Selain dikenal sebagai suplemen untuk kesehatan tulang, jenis vitamin ini pun berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, kanker, sampai diabetes. Jadi, kalau ingin tubuh selalu bugar, pastikan Anda mendapatkan kandungan vitamin D yang cukup.

Jalan bertelanjang kaki untuk kontak langsung dengan permukaan tanah.

Cara alami mendapatkan vitamin D seperti berjemur di sinar matahari pagi, bisa dikombinasikan dengan kegiatan ini, yaitu bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Biasanya dilakukan dengan bertelanjang kaki, di kebun atau di sekitar pekarangan rumah. Jadi, mulai kini ayo kita biasakan melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan menjalani rutinitas jalan bertelanjang kaki di halaman rumah setiap pagi selama 15-30 menit. Kegiatan ini bisa Anda lakukan sembari menyerap kebaikan matahari pagi.

Mengkonsumsi asupan fermentasi untuk kesehatan usus dan pencernaan.

Salah satu bagian tubuh yang kerap disepelekan adalah usus. Kesehatananya kerap dilupakan begitu saja. Padahal peran usus bagi kebugaran tubuh sangatlah vital. Jika kesehatan usus tidak baik, jumlah bakteri merugikan akan lebih dominan, sehingga kebugaran tubuh pun terganggu.  Oleh karena itu, mulai dari sekarang berikan perhatian lebih pada kesehatan tubuh terutama usus Anda. Caranya tidak rumit, Anda dapat melakukannya dengan mengonsumsi asupan hasil fermentasi, seperti yoghurt, teh kombucha, susu rendah lemak, dan juga keju.

Meski semua hal di atas mudah dilakukan, untuk membiasakan diri menjalaninya bisa dibilang tidak mudah juga. Tapi kalau Anda ingin memiliki badan sehat dan bugar, mulailah dari melakukan hal-hal sederhana ini agar Anda memiliki tubuh sehat. Selamat Mencoba.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Lucky Andriansyah

Pak Danan: Hati Sebagai Seorang Guru Mengutamakan Pengabdian Di Atas Segalanya

Mengawali pendidikan tinggi di Universitas Padjajaran, beliau dikenal sebagai mahasiswa aktif dikampusnya, dibuktikan beliau aktif terlibat dalam berbagai kegiatan dan organisasi semasa kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *