Home / Sosok / RIZKY ROKAN: TIPS MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI

RIZKY ROKAN: TIPS MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI

Sumber foto : Affairs Publisher

Affairs Publisher

Pijar, Medan. Percaya diri merupakan sikap positif seseorang yang menemukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Orang yang percaya diri lebih mampu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, dan biasanya akan lebih mudah berbaur dan beradaptasi dibanding dengan yang tidak percaya diri.

Kepercayaan diri berawal dari diri sendiri dan dukungan dari orang lain. Kepercayaan diri dapat mengubah seseorang yang biasanya tidak berani dalam menghadapi sesuatu, menjadi lebih yakin dan mampu dalam menghadapi atau mengerjakan sesuatu. Kepercayaan diri adalah suatu sikap atau perasaan yakin atas kemampuan diri sendiri. Suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya mampu untuk mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Begitu juga yang dialami Muhammad Rizky Dermawan Rokan. Qori (Pembaca Al quran) ini memiliki banyak prestasi di usia yang tergolong muda. Prestasinya dalam membaca Al quran bukan hanya tingkat nasional, tetapi juga internasional. Sikapnya yang mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar membuat ia digemari banyak kalangan sehingga memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi untuk mengembangkan bakatnya menjadi Qori Internasional.

Hal itu juga didapat Rizky kerena kepercayaan diri yang baik dan keyakinan yang ada pada dirinya. Beberapa tips dari Rizki Rokan bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Yang pertama, bergaul dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri dan berpikiran positif. Yang kedua, sering melatatih diri, artinya kita harus lebih sering sering bertemu dengan orang banyak. Berlatih berkomunikasi dengan baik ketika berbicara dengan orang lain atau bahkan ketika dengan orang-orang yang ada di sekeliling kita. Yang ketiga, jangan takut mengambil risiko. Dalam menjalani kehidupan ini pasti selalu ada pilihan yang ada di hadapan kita. Jangan takut ketika akan mengambil sebuah keputusan, karena yang tahu hanya lah diri kita sendiri di setiap alasan kita mengapa mengambil keputusan tersebut. Pastinya selalu ada risiko yang berbeda-beda di setiap pilihan yang kita ambil nantinya. Yang keempat, memberikan penghargaan yang jujur terhadap diri sendiri. Maksudnya kita harus menghargai sekecil apapun keberhasilan yang kita lakukan dan potensi yang ada dalam diri kita. Yang terakhir adalah selalu berpikir positif tentang diri kita. Yakinkan bahwa apa yang akan kita lakukan adalah sesuatu yang benar dan sesuatu tersebut tidak akan berdampak negatif pada diri kita sendiri.

Yang paling penting adalah harus mendekatkan diri kepada Allah dan harus selalu melaksanakan ibadah kepada-Nya. Karena, di balik itu semua Allah pasti akan melancarkan segala urusan yang ada di hidup kita dan dengan begitu rasa percaya diri dalam diri kita pasti akan meningkat secara baik. Karena apapun yang akan kita lakukan, kita pasti tidak akan pernah merasa takut. Tidak akan merasa khawatir atas apapun yang sudah kita pilih karena kita pasti selalu berpikir positif dan juga karena kita selalu merasa di dalam lindungan ALLAH SWT.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Lucky Andriansyah

Pak Danan: Hati Sebagai Seorang Guru Mengutamakan Pengabdian Di Atas Segalanya

Mengawali pendidikan tinggi di Universitas Padjajaran, beliau dikenal sebagai mahasiswa aktif dikampusnya, dibuktikan beliau aktif terlibat dalam berbagai kegiatan dan organisasi semasa kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *