Home / Jalan-Jalan / Roti Citarasa Thailand

Roti Citarasa Thailand

Fotografer : Dahliana Lubis

Nadya Divariz Bhayitta Syam

Pijar, Medan. Roti adalah makanan ringan yang kerap kali dijadikan ‘pengganjal’ rasa lapar bagi kebanyakan orang. Makanan ini juga mulai berevolusi menjadi lebih menarik seiring dengan berkembangnya zaman. Penambahan rasa, cara pengolahan, hingga bahan baku yang digunakan adalah beberapa hal yang turut berubah dari waktu ke waktu.

Thai Bread adalah salah satunya. Thai Bread adalah roti yang dipotong segi empat, diolesi mentega, lalu dibakar layaknya daging barbeque. Proses ini menimbulkan rasa yang cukup unik. Sedikit bau hangus, kulit roti yang garing dan sedikit rasa pahit. Walaupun begitu, Thai Bread  tetap tidak kehilangan lembut dan manis ala roti yang biasa kita temukan di manapun. Tekstur makanan ini lembut di dalam dan garing di luar karena proses pengolahannya yang tidak biasa.

Rasa yang dihadirkan oleh Thai Bread juga beragam. Dimulai dari pilihan roti yang digunakan, seperti original, red velvet, pandan, charcoal dan gandum. Untuk dua pilihan roti terakhir di beberapa toko, sobat Pijar akan dikenakan biaya tambahan. Paduan berbagai jenis roti ini mungkin terdengar aneh namun menghasilkan rasa yang cocok dengan bermacam isian yang disediakan, mulai dari yang umum seperti selai, hingga asin sepeti tomyum, rendang atau ayam mayo.

Sebelum aneka rasa tersebut ada, Thai Bread hanya dihiasi dengan gula halus. Gula halus ditaburi di atas roti khas Thailand ini untuk dijadikan pemanis dan penggungah selera selain karena bentuk dan aromanya. Sobat Pijar tentu tahu bagaimana aroma makanan yang dibakar. Tapi pernahkah sobat bayangkan bagaimana jadinya jika aroma hangus ini dipadukan dengan aroma roti yang khas dan manisnya gula? Inilah yang menjadikan pamor Thai Bread semakin meningkat pada saat pertama kali muncul di akhir 2017.

Tidak hanya itu, cara pengisian selai dalam Thai Bread juga berbeda dari biasanya. Jika jenis roti lain akan diiris bagian tengahnya lalu diberi isian, Thai Bread justru melubangi bagian tengah roti dan mengisi selai ke dalamnya. Selai juga dioleskan hingga ke atas roti yang menjadikan isiannya lumer baik saat masih di wadah hingga ketika masuk ke dalam mulut kita.

Bagaimana sobat Pijar, sudah siap untuk menikmati roti dengan cita rasa khas Thailand yang satu ini?

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

20181121_192931

Nongkrong Asyik di Monkey the Cafe

Monkey the Cafe bisa menjadi referensi tempat nongkrong di akhir pekan ini. Kafe yang satu ini memang belum resmi dibuka, masih dalam the soft opening, tetapi pengunjung tak jarang mendatangi tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *