Home / Berita / 428 Tahun Medan Berbudaya dan Wujud Arti Sebuah Keberagaman
Image 1

428 Tahun Medan Berbudaya dan Wujud Arti Sebuah Keberagaman

Nadya Divariz Bhayitta Syam

Pijar, Medan. Medan Kota Kita, begitulah slogan yang muncul pada perayaan ulang tahun Kota Medan ke 428 tahun yang jatuh pada Minggu, 1 Juli 2018. Beberapa Pejabat Kota Medan seperti Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, serta Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan juga tampak turut meramaikan acara bertajuk Colorful Medan Carnival yang diselenggarakan selama 2 hari (30 Juni – 1 Juli 2018) di Lapangan Merdeka.

Perayaan hari jadi Kota Medan ini memiliki beberapa acara di antara lain workshop yang bertempat di Hotel Santika Dyandra, Medan Carnival, penampilan musik dan tari tradisional, dan tidak ketinggalan lomba design batik khas Medan. Meskipun acara ini merupakan peringatan hari lahir Kota Medan, namun bukan hanya penduduk Medan saja yang ikut merayakannya karena acara ini juga dimeriahkan oleh Setia Band dan Jember Fashion Carnaval (JFC).

Puncak acara yang sukses menarik minat masyarakat luas adalah Medan Carnival. Panitia berhasil menyampaikan pesan bahwa Medan mengandung beragam budaya di dalamnya. Kawasan Jalan Pulau Pinang yang siang itu dijadikan sebagai tempat berlangsungnya karnaval dipadati warga dari seluruh penjuru Kota Medan. Antusiasme ini juga tetap tidak berkurang meski matahari bersinar begitu teriknya.

Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai yang merupakan bagian dari rangkaian acara hari lahir kota Medan di Lapangan. (01/07) (Fotografer: Nadya Divariz Bhayitta Syam)
Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai yang merupakan bagian dari rangkaian acara hari lahir kota Medan di Lapangan Merdeka. (01/07)
(Fotografer: Nadya Divariz Bhayitta Syam)

Pawai dimulai dengan penampilan marching band yang kemudian disusul dengan pakaian 14 etnis, tarian dari 6 etnis, fashion show, Reog Ponorogo, Patung Sigale-gale, rangkaian karnaval baik dari JFC maupun karya asli anak Medan, penampilan lompat batu Nias dan kemudian ditutup kembali dengan marching band sebagai wujud keberagaman yang ada di kota yang terkenal akan Bika Ambonnya ini. Kekaguman pada acara ini pun turut mengundang rasa kagum bagi banyak orang salah satunya seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Medan, Bapak Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si .

“Kedepannya ya kita mengagendakan dan menjadwalkan untuk sambil promosinya juga harus kita kembangkan ke luar daerah agar acara-acara kita ini harus bisa diketahui oleh masyarakat luas, Indonesia, dan dunia, serta negara- negara tetangga kita sehingga kita bisa menampilkan inovasi-inovasi dari anak-anak Medan, Sumatera Utara, dan Indonesia. Saya juga menghargai antusias masyarakat dalam melihat acara ini. Saya berharap masyarakat luas juga bisa ikut turut mendukung program-program semacam ini. Acara yang kita berikan tidak hanya sebagai wadah namun juga saranan hiburan bagi warga Kota Medan.”

Selain di Lapangan merdeka, perayaan hari ulang tahun Kota Medan juga turut diselenggarakan di beberapa tempat salah satunya adalah acara bertema Warna-Warni Kerajinan Medan Expo yang diadakan di Main Atrium Sun Plaza Medan.

(Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Sumber : Dokumentasi Panitia

UKMI Ar-Rahman Unimed Ajak Mahasiswa Islam Menjadi Generasi Emas Selanjutnya

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar-Rahman Universitas Negeri Medan dengan bangga mempersembahkan acara tahunan mereka yang bertajuk Open House UKMI Ar-Rahman Unimed 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *