Home / Berita / MILAD 2 IMMEDIA: Ulang Tahun Kedua Para Pegiat Literasi
Cover

MILAD 2 IMMEDIA: Ulang Tahun Kedua Para Pegiat Literasi

Star Yeheskiel Munthe

Pijar, Medan. Telah berlangsung acara perayaan ulang tahun yang kedua “Indonesia Melek Media” atau yang akrab disapa IMMEDIA pada Minggu, (29/07). Acara ini dilaksanakan di Digital Lounge, Jl. Mongonsidi No. 6 Medan.

Rizky Nasution sebagai ketua IMMEDIA bersama panitia turut mengundang beberapa komunitas untuk ikut hadir pada MILAD 2 IMMEDIA. Acara diisi dengan diskusi publik, temu komunitas, reuni, serta penyerahan sertifikat ke relawan aksi kampung nelayan.

Diawali dengan kata sambutan dari Ketua panitia dan Ketua Immedia, tamu undangan diajak untuk membahas mengenai literasi media. Kemudian adanya temu komunitas membuat masing-masing tamu dari komunitas yang berbeda menjadi akrab.

Raudha  Hayati atau yang akrab disapa Kak Aya sebagai relawan dalam bidang pendidikan pada imigran juga turut memberi ulasan serta alasan pentingnya menjadi relawan. Kak Aya menyebut bahwa dunia kerelawanan itu adalah panggilan jiwa.

Pemotongan tumpeng oleh Ketua IMMEDIA (29/7). (Fotografer: Star Munthe)
Pemotongan tumpeng oleh Ketua IMMEDIA (29/7).
(Fotografer: Star Munthe)

“Dunia kerelawanan juga gak mengenal batasan. We are all human,” ucap Kak Aya mengenang kisahnya.

Empat relawan aksi kampung nelayan juga diundang untuk menyuguhkan materi seputar ulasan dan alasan para relawan mengapa memiliki kemauan untuk terlibat dalam dunia kerelawanan, terutama dalam fokus literasi media.

Pihak panitia juga menampilkan video seputar kegiatan di Kampung Nelayan, yang mana objek pembekalan “literasi media” oleh IMMEDIA ialah  anak Sekolah Menengah Pertama yang usianya masih tergolong usia anak-anak sampai remaja.

Media informasi seperti media sosial sebagai salah satu ladangnya informasi juga kian marak digunakan oleh masyarakat. Bahkan anak-anak juga sudah familier dengan penggunaan media. Hal tersebut memang tak sepenuhnya buruk, karena merupakan perwujudan langsung dari definisi kids zaman now. Namun, pembelajaran akan pentingnya cerdas bermedia haruslah diberikan.

Maka dari itu, IMMEDIA hadir untuk menjadi salah satu relawan yang memberikan literasi media pada seluruh masyarakat. Di penghujung acara, para awak IMMEDIA melakukan penyerahan sertifikat kepada alumni atau relawan yang turut ikut dalam kegiatan aksi kampung nelayan. Yang mana aksi tersebut dilatarbelakangi oleh pembekalan literasi media pada anak-anak di kampung nelayan.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Hidayat Sikumbang

Penulis Novel Egosentris Ajarkan Cara Bijak Bersosial Media

Pijar, Medan. Innovastory bekerja sama dengan Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan mengadakan gelar wicara inspiratif pada Sabtu, (15/12) di Aula Prof. Dr. Syawal Gultom M. Pd Universitas Negeri Medan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *