Home / Hiburan / Fenomena BTS Merambah Industri Musik Dunia

Fenomena BTS Merambah Industri Musik Dunia

Sumber Foto: kprofiles.com

Talitha Nabilah Ritonga 

Pijar, Medan. Fenomena Musik Pop dari Korea Selatan (K-Pop) saat ini sedang menerjang industri musik dunia. Setiap tahunnya kemunculan artis K-Pop kian meningkat dan semakin mewabah di masyarakat. Tidak sedikit pula dari mereka yang berhasil menembus pasar internasional mulai dari Asia sampai Amerika. Sebut saja BTS sebagai salah satunya.

Bangtan Boys atau yang akrab disapa BTS merupakan boyband besutan Big Hit Entertainment. yang memulai debut nya pada 13 juni 2013 dengan merilis single dari album pertama 2 cool 4 skool yang bertajuk “No More Dream”.

Idol group yang berasal dari negeri ginseng ini beranggotakan tujuh orang yakni Rap Monster, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. Mengawali karir dibawah naungan agensi kecil yang sedang terlilit hutang pada saat itu, kini BTS berhasil membesarkan agensi nya dan menjadi salah satu boyband yang memberikan keuntungan bagi perekonomian Korea Selatan.

KIM NAMJOON!

KIM SEOKJIN!

MIN YOONGI!

JUNG HOSEOK!

PARK JIMIN!

KIM TAEHYUNG!

JEON JUNGKOOK!

BTS!

Kutipan di atas adalah salah satu fanchant dari penggemar, yaitu semacam nyanyian yang dilakukan oleh para fans BTS, ARMY, pada saat konser sedang berlangsung. Teriakan tersebut selalu terdengar disela-sela penampilan BTS saat membawakan lagu-lagu mereka.

Pica yang merupakan seorang ARMY memaparkan bahwa ia memilih dan menjadi seorang ARMY karena BTS adalah boyband yang sangat aktif dalam membuat lagu, dan mereka berani untuk mengangkat isu-isu yang sedang panas di Korea Selatan.

“BTS sangat mencintai ARMY. disetiap mereka menerima penghargaan kata pertama yang di lontarkan adalah “ARMY” mereka bahkan menyebut kami “wings” mereka yang menghantarkan mereka sehingga bisa sampai saat ini. BTS memberikan energi yang kuat di atas panggung kepada ARMY. Itu sebabnya kenapa fanchant kami sangat kuat,” ungkapnya.

Lantunan musik yang disajikan oleh BTS selalu dapat membuat para pendengarnya candu. Bagaimana tidak. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pencapaian mereka ketika merilis album baru yang selalu berada di peringkat teratas dalam penjualan album dan lagu utama dalam album-album tersebut juga berada di peringkat teratas tangga lagu. Lagu-lagu mereka juga berhasil menduduki tangga lagu Billboard Hot 100.

You can call me artist

You can call me idol

anim eotteon dareun mweora haedo

I don’t care

I’m proud of it

nan jayuromne

No more irony

naneun hangsang nayeotgie

songarakjil hae

naneun jeonhyeo shingyeong sseuji anne

nareul yokhaneun neoye geu iyuga mweodeun gane

Lagu utama dalam series album love yourself: answer BTS ini berhasil merajai enam tangga lagu utama korea : Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver dan Soribada pascarilis selama dua jam. Tidak hanya itu, lagu yang berkolaborasi dengan rapper ternama Nicki Minaj ini berhasil menerobos charts iTunes Top song  di 66 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Inggris.

Video klip IDOLsendiri telah ditonton hingga 56 juta kali selama 24 jamInilah yang mengantarkan lagu “IDOL” milik BTS sukses menjadi video klip yang paling banyak ditonton selama 24 jam di Youtube dan berhasil menggeser rekor Taylor Swift sebelumnya.

Bagi industri musik dunia, nama mereka sudah tidak asing lagi. Merilis single “Mic Drop” yang berkolaborasi dengan DJ Steve Aoki merupakan awal dari perjalanan karir BTS di negeri Paman Sam. BTS yang turut hadir dalam ajang penghargaan musik berhasil menyabet piala Top Social Artist pada Billboard Music Awards 2017 dan Billboard Music Awards 2018 serta BTS juga turut tampil pada ajang penghargaan American Music Awards 2017. Fenomena BTS tidak terhenti sampai disitu. Setelah memberikan penampilan spektakuler di ajang penghargaan di atas, BTS pun diundang di berbagai radio dan program-program unggul televisi Amerika Serikat.

Fenomena BTS kian meningkat. Pasalnya, pada tanggal 24 september 2018 lalu BTS telah diundang untuk memberikan pidato pada siding umum PBB ke-73 yang berlangsung di New York, Amerika Serikat.

(Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

www.marleyreads.com

To All The Boys I’ve Loved Before, Belajar Untuk Mengungkapkan Isi Hati

To All The Boys I’ve Loved Before, novel karangan Jenny Han ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis pemalu yang tidak berani mengungkapkan isi hatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *