Home / Berita / Kunjungi UGM, Serangkaian Kegiatan Study Tour Ilmu Komunikasi USU Sukses Digelar
image1 (3)

Kunjungi UGM, Serangkaian Kegiatan Study Tour Ilmu Komunikasi USU Sukses Digelar

Nadia Lumongga Nasution.

Pijar, Medan. Ketua Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara (USU), Dra. Dewi Kurniawati, M.Si, Ph.D bersama Ketua Laboratorium Ilmu Komunikasi, Drs. Safrin, M.Si, dan Ketua Radio USUKOM FM, Haris Wijaya, S.Sos, M.Comm, serta rombongan Study Tour Komunikasi USU 2018 mengunjungi Departemen Ilmu Komunikasi (Dikom) Universitas Gajah Mada (UGM), Jumat (28/09). Rombongan disambut hangat oleh Dikom UGM yang diwakili oleh Dr. M. Sulhan, M.Si, Lisa Lindawati, S.I.P., M.A., dan Ketua Laboratorium Dr. Dian Arymami, S.I.P., M.Hum.

Dikom UGM menjelaskan bagaimana proses perkuliahan, fasilitas yang ada, dan pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa/i Ilmu Komunikasi UGM. Dr. Dian Arymami, S.I.P., M.Hum. menyampaikan sejak awal masuk kuliah pada semester satu, mahasiswa/i dibekali pengajaran bagaimana mengoperasikan aplikasi-aplikasi, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lainnya guna membantu proses perkuliahan.

Peminatan yang dimiliki Dikom UGM juga hanya berbeda satu dengan yang dimiliki Prodi Ilmu Komunikasi USU, yaitu di Media Entertainment. Peminatan tersebut memfokuskan bagaimana dunia broadcasting. Pemaparan dari pihak Dikom UGM juga sekaligus menjadi akhir rangkaian dari Study Tour Komunikasi USU 2018 yang telah berlangsung selama lima hari.

Study Tour Komunikasi USU merupakan progja tahunan Divisi Pendidikan dan Penalaran (Diklar) Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Imajinasi) yang sukses digelar selama lima hari (24-28/09) di dua kota, yakni Jakarta dan Jogja. Sebelum UGM, rombongan telah mengunjungi dua kampus dan lima instansi, seperti Universitas Indonesia, Universitas Multimedia Nusantara, NET TV, Perhumas Indonesia, Fortune Indonesia, Gen FM, dan Media Indonesia.

Studio Tour di Net Tv dalam rangka Study Tour Ilmu Komunikasi FISIP USU 2018 di Jakarta. (26/9). (Fotografer: Putri Arum Marzura)
Studio Tour di Net Tv dalam rangka Study Tour Ilmu Komunikasi FISIP USU 2018 di Jakarta. (26/9).
(Fotografer: Putri Arum Marzura)

“Tujuan Acara Study Tour ini biar peserta bisa belajar tentang humas, jurnal, adver lebih detil gimana di kenyataannya, jadi bisa tau lebih langsung kalo kerjanya gimana karena selama ini kita cuma pelajari teorinya di kampus. Kalau untuk kunjungan ke kampus, bisa saling tukar pengalaman sama mahasiswa dan dosen di sana baik dari teknik pembelajaran dan himpunan mahasiswa di sana,” tutur Ketua Panitia Study Tour, Irene Natalia Hutapea.

Study Tour Komunikasi USU 2018 juga berhasil mengunjungi televisi milenial no.1 di Indonesia, yaitu Net TV. Dalam kata sambutannya di NET TV, ketua panitia mengatakan, “Mungkin kalau bukan karena NET, gaada peserta yang mau daftar.” Pernyataannya disambut gelak tawa rombongan dan perwakilan dari NET TV.

“Paling berkesan itu waktu ke NET karena dapat banyak ilmu, soalnya jadi tau proses dibalik layarnya gitu. Terus kan NET televisi masa kini jadi seru bisa ke sana,” ucap Erika, salah satu peserta Study Tour Komunikasi USU 2018.

Dari kegiatan ini diharapkan bisa jadi bahan perbandingan untuk Prodi Ilmu Komunikasi USU bagaimana proses pembelajaran serta fasilitas yang dimiliki kampus-kampus yang telah dikunjungi dan menambah relasi yang lebih luas. Juga menjadi gambaran bagi peserta dan panitia tentang bagaimana kehidupan sebenarnya di dunia Public Relation, Jurnalistik, dan Periklanan, serta menambah keakraban antara mahasiswa Ilmu Komunikasi USU.

(Redaktur Tulisan: Maya Andani)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

image

Bakti Sosial Lewat Festival Buah Bersama Leo Clubs

Organisasi Leo Clubs Indonesia untuk kali keduanya menggelar acara Festival Buah Nusantara yang didukung oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Acara yang diselenggarakan pada 13 - 14 Oktober di Atrium Cambridge City Square Medan ini bertajuk Nusantara dimulai pada pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *