Home / Berita / UKMI Ar-Rahman Unimed Ajak Mahasiswa Islam Menjadi Generasi Emas Selanjutnya

UKMI Ar-Rahman Unimed Ajak Mahasiswa Islam Menjadi Generasi Emas Selanjutnya

Sumber : Dokumentasi Panitia

Gading Akbar

Pijar, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar-Rahman Universitas Negeri Medan dengan bangga mempersembahkan acara tahunan mereka yang bertajuk Open House UKMI Ar-Rahman Unimed 2018, yang telah berhasil dilaksanakan pada Sabtu, (15/09) di gedung Digital Library Lt. 4 Universitas Negeri Medan.

Diawali dengan kata sambutan ketua panitia, acara ini memulai agenda pertama berupa kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. Zulherman, S.Pd, MM, M.Pd. yang juga merupakan dosen Universitas Negeri Medan. Kuliah umum yang disampaikan sang dosen memberikan nasehat dan motivasi untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi sekaligus aktif berorganisasi.

Bertemakan Moslem Millenials Rising : The Next Golden Generation, acara ini bertujuan untuk mengajak para mahasiswa muslim di lingkungan Universitas Negeri Medan, khususnya mahasiswa baru, untuk mampu bersaing di era milenial yang saat ini erat dengan penggunaan teknologi digital yang serba instan. Hal ini disampaikan oleh Rizal Putra, selaku ketua panitia.

Acara ini mengundang antuasiasme yang cukup besar dari para peserta, pasalnya panitia mengundang pemateri-pemateri hebat untuk mengisi talkshow ini. Greget Kalla Buana salah satunya, ia merupakan penerima beasiswa LPDP dan juga perwakilan Indonesia untuk PBB mengingatkan bahwa di tahun 2045 Indonesia akan mengalami masa bonus demografi sekaligus juga memperingati 100 tahun kemerdekaan.

“Tahun 2045 Indonesia akan mengalami masa bonus demografi. Ini sebuah kesempatan bagi Indonesia karena penduduknya hampir 75% berusia produktif, tetapi bisa juga  menjadi bencana bila tidak dikelola dengan baik,” tuturnya.

(Sumber : Dokumentasi Panitia)
Suasana acara Open House UKMI Ar-Rahman UNIMED di Universitas Negeri Medan (15/9) (Sumber : Dokumentasi Panitia)

Turut hadir pula Presiden Mahasiswa Unimed, Amirul Hazmi Hamdan, yang memberikan tips dan triknya agar mahasiswa mampu berprestasi sembari mengikuti berbagai kegiatan organisasi. “Kita harus mempunyai target, kita harus punya rencana, dan juga kita harus punya mentor sebagai pembimbing, dan itu semua terhimpun dalam organisasi,” jelasnya.

Animo mahasiswa terlihat jelas dalam acara ini. Terlihat bangku-bangku yang tersedia terisi penuh dengan peserta. Rasa penasaran para mahasiswa baru tentang kehidupan kampus tersampaikan lewat pertanyaan-pertanyaan yang mereka sampaikan. Dimas Suwandi misalnya, ia mengaku sangat senang telah mengikuti acara ini. Mahasiswa baru Jurusan Mesin Fakultas Teknik Unimed ini memang ingin mengembangkan bakat dan minatnya sebagai seorang mahasiswa, ia ingin mencari pengalaman dengan mengikuti kegiatan-kegiatan positif.

 “Ya, bagus acaranya, menghadirkan orang-orang yang berprestasi dan memotivasi juga bagi orang lain. Jadi saya bisa tahu saran dan tips-tips menjadi mahasiswa berprestasi,” ucap Dimas.

Tak hanya sekadar berbagi ilmu dengan para peserta yang hadir, acara ini juga menyelenggarakan kegiatan amal berupa pemberian donasi yang ditujukan pada korban gempa yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Donasi ini menjadi bentuk kepedulian mereka terhadap saudara-saudara yang terkena musibah, menunjukkan rasa empati yang tersalurkan lewat bantuan.

Talkshow ditutup dengan ceramah agama dari Ustad H. Muhammad Nuh, MSP. Anggota DPRD Sumut ini juga mengatakan bahwa Islam menjadi inspirasi yang luar biasa bagi umat, menyeimbangkan antara ibadah, kuliah dan organisasi harus selalu dilakukan.

“Mengenai prestasi, jatuh bangun itu hal biasa, yang penting adalah membangun semangat belajar. Islam juga menjadi inspirasi yang luar biasa,” Sahutnya.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan piagam serta foto bersama dengan para pemateri. Tak lupa pengumuman dan penyerahan hadiah lomba foto yang diselenggarakan selama acara. “Satu kata untuk UKMI : Mantul (mantap betul),” Ucap seorang peserta yang disertai tepuk tangan dari pada hadirin.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

image1 (1)

Meraih Impian Itu Bukan Tentang Apa atau Bagaimana, Tapi Mengapa

Hidup generasi milenial sekarang bukan untuk menjawab pertanyaan mengenai berapa IPKmu saat ini, seterkenal apa universitas tempat kamu menimba ilmu atau akan jadi apa kamu nantinya. Tapi mengenai apa yang kamu bisa dan apa yang akan kamu buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *