Home / Berita / Joko Widodo Hadiri Perayaan Dies Natalis Universitas Sumatera Utara ke-66
Cover

Joko Widodo Hadiri Perayaan Dies Natalis Universitas Sumatera Utara ke-66

Diva Vania

Pijar, Medan. Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi menghadiri perayaan Dies Natalis Universitas Sumatera Utara (USU) yang ke-66 di Auditorium USU pada Senin (8/10).

Acara puncak tersebut hanya diisi oleh satu acara tunggal, yaitu orasi ilmiah singkat yang dibawakan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Acara ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi, beberapa civitas dan senat akademika, serta mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara.

Tiba pada pukul 08.50 WIB, Kedatangan Presiden Joko Widodo bersama Ibu negara disambut langsung oleh Rektor USU dengan diiringi tarian tradisional yang dibawakan oleh Unit Lembaga Kesenian USU. Tak mau ketinggalan, berbagai lapisan masyarakat sekitar USU pun ikut antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh paduan suara El-Shaddai USU. Kemudian langsung dibuka oleh Rektor USU, Prof. DR. Runtung, S.H., M.Hum. dan dilanjutkan dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Orasi Presiden RI dalam rangka Dies Natalis ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium USU pada Senin (8/10). (Fotogtafer: Diva Vania)
Orasi Presiden RI dalam rangka Dies Natalis ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium USU pada Senin (8/10).
(Fotogtafer: Diva Vania)

Dalam orasinya, beliau mengungkapkan berbelasungkawa sedalam-dalamnya terhadap bencana gempa bumi dan tsunami yang baru saja menimpa Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah baru-baru ini.

Beliau mengajak masyarakat USU bersama pemerintah dan komponen bangsa untuk ikut andil dalam memberikan penguatan motivasi bagi mereka yang tengah dilanda bencana untuk bisa bangkit kembali dan kokoh menghadapi tantangan di masa depan. Presiden Jokowi juga menyampaikan mengenai Revolusi Industri 4.0 yang kini tengah terus berkembang.

“Revolusi Industri 4.0 membawa perubahan 3000 kali lebih cepat dibanding revolusi industri yang pertama. Bayangkan revolusi industri 4.0 tiga ribu kali lebih cepat berubahnya dari yang pertama. Begitu, inilah yang nantinya akan menjadi perubahan secara cepat di semua bidang. Kita tahu Internet of Thing, kita tau Advance Robotic, kita tau Virtual Reality, semuanya berubah dengan begitu cepat. Kita baru belajar satu sudah muncul yang lain” Tutur Presiden Jokowi dalam orasinya.

Sementara itu salah satu mahasiswi jurusan Sastra Inggris USU, Khairunnisa Wintara mengungkapkan bahwa awalnya motivasinya datang menemui Jokowi adalah untuk mendapatkan sepeda. Namun, walaupun gagal mendapatkan keinginannya, ia mengaku senang dan bangga bisa melihat dan mendengarkan langsung orasi dari Presiden Jokowi.

Ia pun tak lupa mengungkapkan harapannya di Hari Ulang Tahun USU kali ini. “Saya berharap semoga kedepannya USU dapat masuk menjadi PTN dengan peringkat 10 terbaik di Indonesia, dan mahasiswa USU dapat lebih banyak menorehkan berprestasi kedepannya” harap Khairunnisa.

Acara diakhiri oleh doa bersama dan ditutup kembali oleh Rektor USU. Di akhir orasinya, Jokowi menutup kata-katanya dengan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Universitas Sumatera Utara. “Selamat ulang tahun yang ke-66 Universitas Sumatera Utara mari berjuang bersama untuk kemajuan Indonesia”.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

 

About Media Pijar

Media Pijar: Pers Mahasiswa - Pelita Insan Terpelajar - Laboratorium Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Silahkan Lihat Artikel ini juga !

Fotografer: Star Munthe

ASB Dan KBI Gelar Nonton Bareng, Dalam Memperingati Hari HAM Internasional

Pijar, Medan. Aliansi Sumut Bersatu (ASB) berkolaborasi dengan Komunitas Bela Indonesia (KBI) sukses menggelar kegiatan Nonton Bareng Film Senyap di sekretariat ABS jalan Jamin Ginting pasar 7 pada senin (10/12), dalam rangka memperingati hari HAM Internasional dan 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *